Mau Bezuk? Bukan Sekedar Menengok Si Sakit Saja Lho Membezuk orang sakit bukan sekedar melihat si sakit saja. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

KALAU ada kerabat atau teman yang dirawat di rumah sakit, lantas saja waktu luang langsung ada. Meskipun tengah sibuk selalu ada waktu untuk membezuk si sakit. Membezuk yang sakit bukan hanya memberikan simpati saja, tapi juga memberikan semangat pada mereka.

Waktu yang ada di rumah sakit rasanya panjang. Apalagi dengan batasan-batasan yang diberikan oleh dokter. Bisa jadi kadang hanya sendiri saja di dalam ruangan, kalau ada teman pasti dalam kondisi sakit juga. Laman Go Dok menyarankan agar lebih membuat nyaman si sakit meskipun berada di rumah sakit.


1. Jangan sembarangan datang ke rumah sakit perhatikan jam bezuk

waktu bezuk
Waktu bezuk umumnya pagi mulai pukul 10.00 dan sore pukul 17.00. (Foto: Pexels/Aphiwat chuangchoem)


Rumah sakit bukanlah mal yang dapat kamu datangi kapan saja. Sebaiknya hubungi kerabat atau cari tahu jam bezuk pasien. Pasien butuh istirahat untuk memulihkan diri dari sakitnya. Tahu diri selama membezuk pasien, jangan gaduh, kalau pasien tertidur biarkan saja beristirahat jangan dibangunkan. Patuhi aturan yang dibuat oleh rumah sakit, seperti masuk ke ruang ICU.

2. Cari tahu penyakit yang diderita oleh pasien

orang sakit
Cari tahu sakit yang dideritanya, sehingga buah tangan tidak salah bawa. (Foto: Pexels/rawpixel.com

Sebaiknya kamu mencari tahu mengenai penyakit atau gangguan kesehatan yang sedang dialami oleh pasien. Ini akan membantu kamu membawa buah tangan. Ada diet-diet tertentu yang harus dijalankan oleh pasien yang biasanya berhubungan dengan makanan.


3. Makanan favoritnya membantu melewatkan hari di rumah sakit

makanan buah
Buah biasanya lebih aman dijadikan buah tangan tapi perhatikan diet si pasien. (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Kalau makanan favoritnya tidak dalam diet yang dibuat oleh dokter, bawakanlah. Walaupun hanya sedikit akan memberikannya semangat untuk cepat pulih. Perhatian yang seperti ini akan membantu pasien cepat sembuh.

4. Obat alami yang menyehatkan

jamu
Boleh saja membawakan obat alternatif atau jamu namun tetap memperhatikan pantangannya. (Foto: Pexels/Pixabay)

Meskipun selama menjalani perawatan di rumah sakit pasien mendapatkan pengobatan terbaik. Namun tidak ada salahnya jika kamu membawakan jamu atau obat alternatif lainnya ketika menjenguk. Misalnya, ketika kerabat atau teman kamu menderita DBD, kamu dapat membawakan angkak yang diolah menjadi jenis makanan tertentu seperti ayam angkak. Bisa pula bawakan jus jambu yang juga dipercaya dapat membantu menaikan trombosit.

5. Hiburan yang membuatnya tidak bosan

buku
Buku salah satu buah tangan yang tepat bagi pasien. (Foto: Pexels/Caio Resende)


Saat berada di rumah sakit, mereka mengalami kebosanan yang amat sangat. Untuk membantunya mengatasi kebosanan, bawakanlah buku, majalah, film, ataupun video game kegemarannya. Jika ia menyukai kisah romantis, maka bawakanlah novel cinta atau video drama Korea. Jangan lupa, bawakan pula pemutar musik atau lagu-lagu yang dapat mencerahkan suasana hatinya. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH