Mau Berlari Cepat? Terus Berlari Resepnya Kecepatan lari rendah? (Foto: Pexels/Juliano Fereira)

MAKSUD hati dapat berlari dengan cepat melawan waktu yang sudah kamu tetapkan sendiri. Apa daya kecepatan berlari semakin melambat, napas kamu berubah menjadi berat, dan kakimu terasa sakit. Jangan khawatir masih dapat dibenahi asal ada niat. Laman very well fit memberikan resep agar dapat berlari lebih cepat.


1. Lebih sering berlari

lari
Perbanyak Jadwal Lari Kamu (Foto Pexels/Marteen Van Den Heuvel)

Kamu dapat menambah kecepatan kamu dengan meningkatkan jarak tempuh mingguan. Misalnya kamu hanya berlari di akhir pekan saja, sementara pelari professional berlari setiap hari. Kamu tidak harus berlari setiap hari seperti atlet yang pentiong memvariasikan jarak dan intensitas kamu dalam berlari. Yang awalnya hanya akhir pekan cobalah untuk menambah di hari lainnya, setidaknya tiga sampai empat kali dalam seminggu. Itu akan membantu menambah kecepatan kamu dalam berlari.

2. Lari di treadmill

lari
Treadmill Membantu Berlari Lebih Cepat (Foto: Pexels/William Choquette)

Sebagian orang lebih menyukai berlari di area terbuka, namun treadmill juga bisa membantu kamu untuk berlari lebih cepat. Kamu bisa menggunakan treadmill dengan berbagai variasi kecepatan, cobalah untuk menggunakannya dari yang lambat hingga kamu sudah tidak sanggup lagi. Ini akan membantu kamu berlari lebih cepat di luar ruangan.

Baca juga: Unik! 3 Perlombaan Ini Selalu Berhasil Menarik Perhatian Dunia


3. Kurangi berat badan

diet
Mulai mengonsumsi asupan kaya nutrisi. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jika kamu berusaha untuk berlari lebih cepat, mungkin dengan menurunkan berat badan bisa membantu. Kamu tidak harus diet secara berlebihan. Tetapi kamu hanya perlu mengurangi seperti makan permen, gorengan, dan soda. Mulailah beralih ke makanan yang kaya akan protein tetapi minim lemak, seperti sayuran hijau, dan biji-bijian.

4. Tidur yang cukup

tidur
Tidur Yang Cukup Membantu Kamu Memiliki Lebih Banyak Energi (Foto: Pexels/John Mark Smith)

Rata-rata pelari yang cepat memiliki istirahat yang cukup. Salah satu cara yang tepat dengan memiliki tidur yang cukup. Cobalah untuk tidur dengan waktu yang sama setiap harinya. Singkirkan dahulu barang-barang elektronik dari kamarm. Jangan menggunakan AC dengan suhu yang terlalu dingin, bisa membuat tidur kamu lebih baik.

5. Siap sakit

lari
No pain, no gain. (Foto: Pixabay/shauking)

Beberapa orang pastinya akan mengalami kesulitan saat ingin berlari dengan cepat. Seperti takut jika kaki kram dan lain sebagainya. Namun saat kamu memaksa diri kamu untuk berlari lebih cepat, kamu akan merasakan otot-otot kakimu akan tegang, dan itu membuat kamu tidak nyaman pada awalnya. Jika sudah sakit seperti itu kamu harus memaksakannya sehingga kamu akan terbiasa dengan rasa sakit itu. (ape)

Artikel lainnya: Tingkatkan Stamina Badan Sebelum Liburan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH