hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Mau Beli Mobil Second? Kenali Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir Perhatikan beberapa hal sebelum membeli mobil second (Foto: pixabay/ermakovasve)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

SEPERTI yang diketahui beberapa hari terakhir ini area Jabodetabek tengah diguyur hujan lebat. Bahkan sejumlah daerah dilanda banjir dahsyat, hingga menyebabkan banyak mobil yang terendam banjir dan terseret arus air yang deras.

Biasanya mobil-mobil yang pernah terendam banjir, akan rentan rusak, karena ada beberapa part yang akan mudah aus.

Baca Juga:

Tips Ampuh Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir

Untuk itu bagi kamu yang ingin membeli mobil second atau mobil bekas. Sebaiknya kamu harus cermat dalam memilih mobil, jangan sampai ingin untung tapi malah 'buntung'.

Guna mencegah kerugian membeli mobil bekas yang pernah terendam banjir, berikut ini adalah beberapa tips mengenal mobil yang pernah terkena banjir.

1. Periksa Interior Mobil Dengan Seksama

Perhatikan dengan detail setiap bagian interior (Foto: pixabay/mikesphotos)

Bau apek serta jamur merupakan salah satu ciri mobil yang pernah terendam banjir. Dilansir dari laman weather, kamu harus waspada terhadap bau lembab dan pengap.

Waspadai bau lembap dan pengap. Biasanya akan ada penumpukan kotoran di tempat-tempat tak biasa, seperti di bawah dasbor.

AAA pun menyarankan untuk memperhatikan karpet mobil dan melihat tanda-tanda perubahan warna. Setelah itu perhatikan juga beberapa kulit atau kain pembungkus diantara jok, untuk mengetahui adanya sisa atau serpihan lumpur.

Dalam hal ini, beberapa penjual mobil bekas akan mencoba untuk menyembunyikan tampilan mobil bekas banjir yang akan dijual. Yakni dengan cara membuat pembaruan kain interior dan aroma penyamaran dengan pewangi mobil yang berlebihan. Ini patut dicurigai, apalagi jika beberapa bagian kendaraan tampak sudah lapuk.

2. Perhatikan Lampu-Lampu

Kenali bagian-bagian lampu mobil (Foto: pixabay/franckinjapan)

Selain interior, hal yang harus kamu perhatikan lainnya ialah bagian lampu-lampu mobil. Perhatikanlah dengan baik reflektor lampu. Hal itu bisa kamu lihat dilihat dari adanya serpihan atau kabut yang lembab dan sulit dihilangkan.

Baca Juga:

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Pribadi dan Taksi Online

3. Cermati Kabel-Kabel Kelistrikan dan Karat di Bawah Kendaraan

PErhatikan kabel-kabel dan karat pada bagian bawah mobil (Foto: pixabay/markusthomasde)

Perhatikankanlah kabel-kabel kelistrikan di beberapa komponen, lihatlah apa ada kabel yang berkarat atau tidak. Jangan lupa juga lihat apakah terdapat bekas terkena air atau korosi yang mencurigakan.

Selain itu, jangan lupa juga lihat ke bawah mpbil dan perhatikan beberapa komponen yang berkarat atau tidak. Dalam hal ini korosi jarang terjadi pada kendaraan baru yang ada di daerah beriklim hangat.

4. Perhatikan Karet-Karet di Beberapa Bagian Mobil

Lihatlah karet-karet disetiap sudut mobil (Foto: pixabay/mikesphotos)

Periksa karet-karet yang ada di mobil, seperti yang terletak di kolong dan di bawah pintu. Jika karet-karet tersebut terlihat baru-baru ini dilepas, kemungkinan hal itu untuk mengalirkan air bekas terendam banjir atau bekas dibersihkan dari banjir.

5. Bawa Mekanik yang Kamu Percaya Untuk Periksa Mobil

Bawa mekanik kepercayaanmu saat ingin membeli mobil bekas (Foto: pixabay/dokaryan)

Selain memriksa mobil sendiri, banyak ahli menyarankan membawa ahli atau mekanik mobil terpercaya. Mereka bisa memberikan pendapat kedua tentang keadaan mobil yang ingin kamu beli. Kerap kali mereka akan mengidentifikasikan hal-hal yang kamu lewatkan saat memeriksa mobil. (Ryn)

Baca juga:

Dana Terbatas, Pilih Mobil Murah atau Mobil Bekas?

Kredit : raden_yusuf

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5