Mau 'Backpacker'an? Baca Dulu Tips Ini! Konsep backpackeran adalah serba terbatas. (Foto: Pexels/veerasak Piyawatanakul)

KEGIATAN backpacking adalah kegiatan traveling dengan konsep serba terbatas. Seperti hanya membawa ransel punggung atau dikenal dengan istilah backpack, kemudian uang juga tidak banyak.

Tak sulit untuk backpackeran sebenarnya. Hanya tinggal kamu rela agak susah sedikit dan harus dapat mandiri serta berbagi dengan backpacker lainnya.


Baca Juga: Flashpacker dan Backpacker, Tipe Pelancong Manakah Kamu?


1. Riset tempat

wisata
Hostel pilihan terbaik untuk beristirahat saat backpackeran (Foto: Pixabay/Hans)


Sangat penting untuk memerhatikan dan mengetahui tempat tujuan kamu. Umumnya tujuan yang diambil seorang backpcker adalah tujuan yang belum pernah didatangi sebelumnya. Riset tempat mencakup tempat untuk beristirahat. Ini biasanya adalah homestay atau hostel, harga yang ditawarkan memenuhi bujet yang sudah kamu buat sebelumnya. Selain itu, jika beruntung, beberapa homestay atau hostel menyediakan mesin cuci, yang tentunya akan menghemat uang kamu.

2. Barang yang harus dibawa

wisata
Enggak perlu bawa barang banyak-banyak. (Foto: Pexels/Vishwajeet Singh Rajput)

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah barang yang kamu bawa. Ingat kamu hanya membawa tas backpack satu saja. Sangat disarankan membawa barang secukupnya. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah pakaian yang ingin dibawa, peralatan mandi, dan obat-obatan pribadi. Ini akan membantu dalam menghemat biaya di jalan nantinya.

Kemudian membawa botol minum juga sangat disarankan. Karena ini bisa menghemat belanja air minum, cukup mengisinya di tempat penginapan kamu.

Baca Juga: 'Backpacker' Masa Kini Lebih Seru, ini Alasannya


3. Uang

uang
Pergunakan hanya uang tunai. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jumlah uang yang kamu bawa harus diperhitungkan dengan baik. Kamu harus memaklumi dan memahami bahwa tidak semua tempat dapat menerima kartu debit, kredit atau penggunaan aplikasi keuangan lainnya. Jadi gunakanlah selalu uang tunai selama dalam perjalanan. Selalu memperhatikan nilai tukar uang lokal.

4. Paket data

gawai
Periksa paket data. (Foto: Pixabay/helloolly)


Saat melakukan backpacking jangan lupa mengisi paket data. Karena sangat penting untuk mengabari keluarga. Selain itu dengan internet, banyak sekali informasi yang membantu dalam perjalanan. Seperti penggunaan peta online, penggunaan aplikasi penerjemah dan mengupload foto atau tulisan ke sosial media.

5. Periksa kesehatan

wisata
Periksa kesehatan sebelum berangkat. (Foto: Pexels/Negative Space)

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu memeriksakan dahulu kondisi kesehatan kamu. Harus kamu ingat hampir seratus persen kegiatan backpacker melulu hanya berhubungan dengan fisik. Kamu juga perlu mengetahui daerah tujuan kamu itu masuk endemik penyakit tertentu, sehingga kamu dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya. (aloy)

Baca Juga: Kota dengan Destinasi Wisata yang Ramah pada Pelancong Backpacker


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH