Mattel Rilis Creatable World, Boneka Ambigender

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 08 Oktober 2019
Mattel Rilis Creatable World, Boneka Ambigender
Creatable World, boneka yang bisa dibentuk sesuka hati. (foto: Mattel)

NAMA Mattel sudah amat identik dengan boneka Barbie. Padahal, produsen mainan yang telah berdiri sejak 1945 ini memang memiliki inovasi yang cukup banyak. Hot Wheels dan serangkaian mainan yang berkolaborasi dengan kartun dan film anak-anak lainnya juga masuk portofolio Mattel.

Khusus untuk Barbie, Mattel kerap dikritik karena menampilkan citra perempuan yang kurang beragam. Kritik itu dijawab Mattel dengan berbagai inovasi seputar boneka cantik tersebut. Seri profesi dan Barbie dengan kulit gelap ialah beberapa hal yang menjawab kritik tersebut.

BACA JUGA: Jangan Ngaku Fans PlayStation Sejati Kalau Enggak Punya Kotak Makan Ini

Yang terbaru, Mattel merilis boneka ambigender. Boneka yang dijuluki sebagai Creatable World ini bisa dirias sesuka hati dengan gender yang diinginkan. Mereka bisa tampil dengan rambut pendek dengan busana maskulin seperti pria, atau memiliki rambut panjang dengan busana feminin seperti perempuan.

Creatable World ini dirilis dengan opsi yang cukup banyak, dari pilihan set busana, hingga warna kulit bisa dipilih sesuka hati. Mattel menjanjikan kepada konsumennya akan ada 100 kombinasi busana dari Creatable World yang bisa dipilih dan dicocokkan sesuka hati.

Pada rilis pers yang diterbitkan secara daring, Mattel tidak hanya mengenalkan boneka ini ke dalam katalog mereka, tapi juga melakukan riset kepada 250 keluarga yang memiliki anak untuk memainkan boneka Creatable World ini. Hasilnya, hampir semua anak kecil mengidentifikasi boneka tersebut sebagai ambigender.

"Dari riset tersebut, anak kecil ternyata ingin mainannya bisa berekspresi bebas tanpa perlu memikirkan gender boneka tersebut. Mudah-mudahan, perilisan Creatable World ini akan mengajarkan orang-orang untuk berpikir luas tentang keuntungan dari bermain boneka untuk anak kecil," ujar Kim Culmone selaku Wakil Presiden Mattel.

Boneka Creatable World ini dijual dengan harga Rp425 ribu. Ada enam jenis yang sudah dirilis secara daring. Mattel juga berencana untuk merilis beberapa set boneka Creatable World untuk beberapa tahun mendatang.(dnz)

BACA JUGA: Microsoft Patenkan Ide Karpet yang Bisa Perdalam Pengalaman VR

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan