Matras Hingga Makanan Rp1,7 Miliar Diserahkan Bagi Korban Gempa Sulbar

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 16 Januari 2021
Matras Hingga Makanan Rp1,7 Miliar Diserahkan Bagi Korban Gempa Sulbar
Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp1,7 miliar bagi korban yang terdampak gempa bumi magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) (Humas Kemensos)

Merahputih.com - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp1,7 miliar bagi korban yang terdampak gempa bumi magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar).

"Bantuan ini dalam bentuk makanan siap saji, makanan anak, tenda gulung, matras, peralatan keluarga, tenda serba guna dan keperluan lainnya," ujar Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, M Safii Nasution melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/1).

Bantuan tersebut dikirim langsung dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU melalui Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Baca Juga:

Majene Diguncang Gempa Susulan Lebih Besar

Safii mengatakan bantuan tersebut terdiri dari bantuan logistik tanggap darurat pusat senilai Rp979 juta, bantuan logistik gudang regional timur Rp621 juta dan santunan ahli waris bagi delapan korban yang telah teridentifikasi sebesar Rp120 juta.

"Masing-masing ahli waris menerima santunan senilai Rp15 juta," katanya.

Rincian bantuan yang diserahkan Kemensos yakni makanan siap saji sebanyak 2.500 paket, makanan anak 1.200 paket, tenda gulung 500 lembar, 1.000 lembar matras dan selimut 700 lembar.

Selanjutnya, peralatan dapur 200 paket, tenda serba guna 10 unit, pakaian anak-anak 500 paket, "ford ware" 500 paket, tempat tidur lipat 40 unit, 370 buah kasur, sandang 30 paket dan perlengkapan taruna siaga bencana (tagana) 20 paket.

Kemensos, ujar dia, juga mengerahkan personel tagana dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah guna membantu tagana setempat dan membuka dapur umum serta memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp1,7 miliar bagi korban yang terdampak gempa bumi magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) (Humas Kemensos)

"Sejak bencana terjadi, kami melalui tagana telah berkoordinasi dengan dinas sosial setempat terkait aktivitas penanganan dan mengamati situasi terkini," ujar Syafii.

Ia mengatakan berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene, sebanyak delapan warga di daerah itu meninggal dunia dan lebih dari enam ratus menderita luka-luka.

BPBD setempat terus melakukan upaya penanganan darurat dan memutakhirkan data pascagempa magnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1) pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat.

Data Pusat Pengendali Operasi BNPB per 15 Januari 2021 pukul 11.10 WIB melaporkan sekitar 637 warga mengalami luka-luka dan 15.000 lainnya mengungsi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Baca Juga:

Dipicu Sesar Naik Mamuju, Gempa Majene Bersifat Merusak

Kemudian sebanyak 62 unit rumah rusak, satu unit Puskesmas dan Kantor Danramil Maluda rusak berat, jaringan listrik padam, komunikasi selular tidak stabil dan longsor di tiga titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju.

Sedangkan di Kabupaten Mamuju, BPBD setempat menginformasikan kerusakan berat antara lain Hotel Maleo, Kantor Gubernur Sulawesi Barat dan satu mini market. Jaringan listrik dan komunikasi selular juga terganggu di wilayah Mamuju. Kerusakan rumah warga serta korban jiwa masih dalam pendataan. (Pon)

#Kemensos #Sulawesi Barat #Gempa Bumi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan