Material Furnitur yang Aman untuk Anak-Anak Di pasaran sekarang, tersedia berbagai macam material furnitur anak. (Foto: Pixabay/Ferenc Keresi)

ANAK-ANAK mempunyai dunianya sendiri. Dunia itu berbeda dari dunia orang dewasa. Dunia anak adalah dunia bermain yang aman dan damai. Untuk menjaga keberlangsungan dunia itu, anak membutuhkan peralatan khusus yang berbeda dari dunia orang dewasa. Misalnya furnitur di kamar atau ruangan mereka.

Pemilihan material furnitur untuk anak tak bisa sembarangan. Salah memilih material furnitur, keselamatan dan keamanan anak jadi taruhannya. Biasanya material furnitur untuk anak dirancang supaya tahan lama dan tak membahayakan.

"Saat berbelanja furnitur anak, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Estetika, fungsionalitas, tapi yang terpenting dari semua adalah daya tahan. Anak-anak membutuhkan furnitur yang tahan uji waktu," tulis laman casakids.com.

Di pasaran sekarang, tersedia berbagai macam material furnitur anak. Antara lain furnitur berbahan dasar plastik, kayu dan logam. Inilah tiga bahan yang paling pas untuk furnitur anak. Masing-masing punya karakter dan keunikan. Berikut ini adalah keunikan dari tiga furnitur tersebut.

Baca juga:

Panduan Menentukan Furnitur di Kamar Tidur Anak

material furnitur anak
Biasanya material furnitur untuk anak dirancang supaya tahan lama dan tak membahayakan. (Foto: Pexels/Naomi Shi)

Furnitur Berbahan Plastik

"Jenis bahan ini mudah dibentuk sesuai keinginan, lebih bervariasi dalam pemilihan warna, serta mempunyai sifat karakteristik anak yang kental," sebut Amelia Vina dalam Panduan Memilih dan Menata Furnitur di Kamar Anak.

Bahan plastik memiliki tingkat kualitas bermacam-macam. Dari paling rendah sampai paling tinggi. Ciri furnitur anak berbahan plastik yang berkualitas tinggi adalah ada label tentang bahan-bahan yang digunakan. Biasanya plastik untuk furnitur anak sudah dirancang tak mengandung melanin atau zat beracun yang berbahaya bagi anak-anak.

Kelebihan bahan plastik terletak pada bobot yang ringan, fleksibel, elastis, dan mudah dibawa kemana-mana. Bahkan oleh anak sekali pun. Namun kekurangannya adalah bahan ini cenderung mudah ditinggalkan anak dan beralih ke furnitur bahan lainnya.

Baca juga:

Prinsip Merancang Kamar Tidur Anak

material furnitur anak
Sejak zaman dahulu hingga saat ini, kayu dianggap sebagai bahan baku terbaik, ramah lingkungan, dan ekonomis. (Foto: Pexels/Max Vakhtbovych)

Furnitur Berbahan Kayu

"Sejak zaman dahulu hingga saat ini, kayu dianggap sebagai bahan baku terbaik, ramah lingkungan, dan ekonomis," ungkap laman gharpedia.com.

Furnitur anak berbahan kayu alami sangat multifungsi, mudah dibawa-bawa, dan aman bagi kesehatan sepanjang tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia. Beberapa kayu yang biasa digunakan sebagai furnitur anak adalah pinus, beech solid, birchwood, dan oak.

Bahan kayu jelas tahan lama dan menawarkan manfaat jangka panjang selama beberapa generasi. Meskipun seorang anak mungkin menggores furnitur kayu, goresan itu dapat dengan mudah hilang dengan minyak dan noda.

Furnitur Berbahan Logam

Material ini termasuk paling jarang digunakan untuk furnitur anak. "Namun, material logam ini mempunyai bentuk dan model furnitur yang tergolong lebih unik dan klasik ketimbang material lainnya," ungkap Amelia Vina.

Material logam lazimnya berwarna keperakan atau krom. Membuatnya berkesan industrial dan pabrikan. Bahan ini bersifat kaku sehingga sering dibuat sebagai bahan dasar meja, kursi, dan tempat tidur.

Hindari memilih furnitur anak yang semuanya terbuat dari logam. Sebab, ini dapat membahayakan anak yang sedang aktif-aktifnya bergerak. Pilih furnitur anak yang menjadikan logam sebagai aksen pelengkapnya saja seperti kaki meja, kaki kursi, dan kaki tempat tidur. Setelah anak tumbuh remaja, Ayah dan Bunda dapat memilih furnitur yang full logam. (dru)

Baca juga:

Cerdik Belanja Furnitur Kamar saat Harbolnas

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Bangun Rumah Berbujet Rp 100 Jutaan
City Property
Tips Bangun Rumah Berbujet Rp 100 Jutaan

Bangun rumah cantik bisa dengan bujet minimalis.

Berbagai Pelonggaran Bikin Penyaluran KPR Melejit
KPR
Berbagai Pelonggaran Bikin Penyaluran KPR Melejit

Realisasi KPR tahun lalu yang sebesar Rp 465,55 triliun menunjukkan bahwa pemulihan sudah mulai terjadi, namun masih menyisakan scaring effect.

Prinsip Merancang Kamar Tidur Anak
Home Lifestyle
Prinsip Merancang Kamar Tidur Anak

Memulai menentukan desain kamar tidur anak yang cocok dengan kebutuhan, jenis kelamin, dan seleranya.

Bikin Kamar Mandi Kecil Terlihat Elegan
Home Lifestyle
Bikin Kamar Mandi Kecil Terlihat Elegan

Hanya karena kamu punya sedikit anggaran, bukan berarti kamar mandi kecilmu tak bisa kelihatan lebih elegan.

Mengenal Material Pembentuk Dinding
Home Lifestyle
Mengenal Material Pembentuk Dinding

Material dinding yang berbeda akan menghasilkan kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

38 Bank Ditunjuk Salurkan Subsidi Rumah Rp 23 Triliun di 2022
KPR
38 Bank Ditunjuk Salurkan Subsidi Rumah Rp 23 Triliun di 2022

Target penyaluran sebanyak 309.000 unit rumah subsidi yang terdiri dari FLPP sebanyak 200.000 unit rumah subsidi senilai Rp 23 triliun.

Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian
Hiburan & Gaya Hidup
Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian

Mengenali tipe kepribadian adalah langkah awal untuk menata interior rumah.

Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi
Home Lifestyle
Mengenal Tipe-Tipe Kamar Mandi

Secara umum, kamar mandi terbagi dua tipe besar : basah dan kering.

Memilih Material Finishing Dinding
Home Lifestyle
Memilih Material Finishing Dinding

Dinding harus diberikan finishing agar berfungsi secara optimal.

Alasan Kenapa Tikus Sering Gigitin Kabel di Rumah
Home Lifestyle
Alasan Kenapa Tikus Sering Gigitin Kabel di Rumah

Para peneliti mengetes 32 tikus dan memberi tikus-tikus tersebut kabel-kabel yang berbeda warna, jenis, dan rasa.