MATAKIN Resmi Dirikan Klenteng Kong Miao di Palembang Menteri Lukman Hakim Usai meresmikan klenteng Kong Miao. (Istimewa)

MerahPutih.com - Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) kembali mendirikan kelenteng baru di Indonesia. Kali ini, MATAKIN mendirikan kelenteng Kong Miao di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis (11/7).

Rumah ibadah tersebut langsung diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifudin. Hadir pula dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru.

Baca Juga: Pertemuan Jokowi-Prabowo Bikin Sejuk, MATAKIN Keluarkan Seruan Persaudaraan

Dalam acara peresmian, Menteri Agama berpesan kepada semua masyarakat untuk memanfaatkan rumah ibadah tidak hanya sekedar tempat fungsi ibadah spiritual saja, juga tempat untuk bakti sosial kemasyarakatan.

Menteri Lukman Hakim Usai meresmikan klenteng Kong Miao. (Istimewa)
Menteri Lukman Hakim Usai meresmikan klenteng Kong Miao. (Istimewa)

“Kita bersyukur peresmian rumah ibadah umat konghuchu dikawasan jakabaring ini telah kita lakukan. Kita juga berterimakasih kepada pemerintah daerah setempat yang telah membantu memfasilitasi lahan,” katanya.

Di waktu berbeda, Ketua Umum Dewan Rohaniwan MATAKIN, Budi S. Tanuwibowo mengatakan bahwa kehadiran klenteng Kong Miao ibarat sebuah bangunan. Meski ada besi, kayu, kaca, batu, kerikil, dan sebagainya, mustahil terikat kuat menyatu tanpa kehadiran air.

"Jadi kehadiran MAKIN Palembang dengan Kong Miaonya di Jakabaring dapat kiranya berfungsi sebagai air yang mampu merekatkan menyatukan. Meski setelah jadi sang air seolah hilang tak terlihat, namun faktanya perannya sangat menentukan," katanya.

Ketua Umum Dewan Rohaniwan MATAKIN, Budi S. Tanuwibowo. (Doc Pribadi)
Ketua Umum Dewan Rohaniwan MATAKIN, Budi S. Tanuwibowo dan Menag Lukman Hakim Saifudin. (Istimewa)

Baca Juga: Ws Budi S Tanuwibowo Terpilih Menjadi Dewan Rohaniwan MATAKIN

Budi melanjutkan, kelenteng Kong Miao sebelum diresmikan terlebih dahulu sudah dilakukan upacara sembahyang yang dipimpin oleh Ws. Mulyadi, salah satu rohaniwan senior MATAKIN.

"Beliau dibantu oleh para rohaniwan dan umat dari MAKIN-MAKIN se DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jambi dan Kalimantan Barat, di samping dari Palembang sendiri," jelasnya.

Dengan berdirinya MAKIN Palembang, maka saat ini MATAKIN sudah ada di 22 Provinsi di Nusantara.

Mereka yang hadir dalam acara tersebut. Dari Jajaran Dewan Rohaniwan sendiri, selain Xs. Budi S. Tanuwibowo, juga hadir Ws. Budi Suniarto, Ketua Harian, serta Xs. Djaengrana Ongawijaya, Ketua Dewan Xueshi dan Js. Darman Wijaya yang membidani berdirinya MAKIN Palembang.

Dari jajaran kepengurusan MATAKIN hadir pula Sekretaris Bidang Keorganisasian, Peter Lesmana, Ws. HT. Saputra, Js. Liliani Lontoh, Gianti Setiawan, Johanka, Lily Ng dan suaminya Akin Sudarta.

Selain itu, hadir pula Ketua Umum MATAKIN masa bakti 2014-2018, Uung Sendana Linggaraja, yang merintis pembangunan Kong Miao Jakabaring Palembang. Ikut hadir dalam rombongan, dq. Suryani, Ketua Perempuan Khonghucu Indonesia (PERKHIN). (*)

Baca Juga: Pesan Budi Tanuwibowo kepada Ketua INTI yang Baru


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH