Matakin Dukung Siapa pun Pemenang Pemilu 2019 Jokowi dan Prabowo. Foto: ANTARA FOTO

MerahPutih.com - Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) mengajak umatnya untuk menggunakan hak pilihnya sekaligus siap atas segala hasil Pemilu 2019 dan mendukung siapapun pemenag dalam kontestasi demokrasi itu.

"Siap menang, siap kalah, siap mendukung yang pemenang," ujar Ketua Umum Matakin, Budi Santoso Tanuwibowo seperti dikutip Antara, Selasa (5/2)

Ketua Umum Matakin, Budi S Tanuwibowo (kanan) di Hotel Novotel, Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Kamis (9/11) (MP/Asropih)

Menurut dia, seorang demokrat dewasa adalah yang mampu menerima apapun hasil Pemilu. Dia mengatakan tujuan utama pemilu bukan untuk menunjukkan siapa yang menang dan kalah tetapi memjadi ajang menyalurkan aspirasi dengan baik.

Hakikat demokrasi, kata dia, bukan untuk mendapat kebebasan bersuara saja tetapi juga bertanggung jawab atas semua hasil apapun yang nanti akan keluar.

"Harapannya nanti siapa pun yang menang nanti harus berbuat baik dan kita dukung sepenuhnya. Apapun mungkin bukan jagoan kita, tapi kita harus mendukungnya," kata Budi..

Kendati demikian, dia mengimbau siapapun pemenang dalam Pemilu untuk bisa bijak dengan mengayomi setiap lapisan masyarakat, bukan untuk pendukungnya saja.

"Jangan sampai tujuan kita memilih pemimpin untuk Indonesia yang lebih baik lima tahun ke depan malah 'berantem' satu sama lain," imbuhnya.

Dia mengajak setiap penganut Konghucu Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya atau tidak golongan putih (golput).

9 anggota Dewan Rohaniwan terpilih, dari kiri ke kanan : Sofyan Jimmy Yosadi, Sunarta Hidayat, Darman Widjaja, Dede Hasan Senjaya, Chandra Setiawan, Djaengrana Ongawidjaja, Budi Santoso Tanuwibowo, Budi Suniarto dan Wawan Wiratma (Humas MATAKIN)

Kendati demikian, dia mengatakan jika ada yang golput tentu itu menjadi keputusan individu yang juga merupakan bagian dari pilihan dalam demokrasi.

"Kecuali bingung sendiri, ya itu hak demokrasi saya tidak bisa memaksa," pungkasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH