Matakin Berharap Imlek 2570 Indonesia Adil Berkemakmuran Ketua Umum Matakin, Budi S Tanuwibowo (kanan) di Hotel Novotel, Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Kamis (9/11) (MP/Asropih)

Merahputih.com - Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) berharap Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili (2019 Masehi) Indonesia bisa lebih maju dalam berbagai bidang, salah satunya dari sisi ekonomi. Pertumbuhan Indonesia harus menuju pada kemakmuran yang berkeadilan.

"Adil berkemakmuran. Adil kalau tidak makmur ya repot, makmur tidak adil ya repot juga, harus seimbang," ujar Ketua Umum Matakin, Budi Santoso Tanuwibowo, Selasa (5/2).

Terkait keharmonisan umat beragama dalam berbangsa dan bernegara, dia berharap agar masyarakat semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan karena dalam skala tertentu terdapat gesekan karena berbeda.

Lebih baik, kata dia, mencari persamaan-persamaan daripada membesar-besarkan perbedaan yang bisa kontraproduktif terhadap keharmonisan.

Tahun Baru Imlek (Pixabay/PublicDomainPictures)

"Agama itu memanusiakan manusia. Jangan kemudian karena demi agama tidak memanusiakan manusia. Terlepas dari apapun agama ini harus memiliki kadar kemanusiaan. Jangan mentang-mentang karena satu agama kemudian yang salah kita bela, yang benar dari agama lain tidak kita bela," ucap Budi dikutip Antara.

Budi juga mengajak umat Khonghucu dan masyarakat pada umumnya untuk menjaga kelestarian alam agar keindahannya bisa diwariskan kepada anak cucu kelak. Kemudian di ranah kenegaraan, agar pemerintahan ke depan agar lebih baik dan bersih, bekerja bukan pencitraan, penegakan hukum yang adil dan hal lainnya.

"Harapan kami, Indonesia yang sesuai pembukaan UUD 1945," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH