Mata Lebam? Mudah, Obati dengan Kantong Teh Bekas Kantung teh bekas bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata lebam. (foto: pixabay/skitterphoto)

TEH menyimpan banyak manfaat. Tak hanya sebagai minuman, tapi juga sebagai pengobatan rumahan. Kantung teh bekas kerap dimanfaatkan sebagai pilihan alami yang terjangkau untuk pengobatan.

Seperti dilansir Healthline, beberapa jenis ampas teh bisa jadi bahan obat rumahan. Teh hitam, teh putih, teh hijau, juga teh herbal seperti teh roiboos, teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint bisa kamu gunakan untuk obat rumahan.

Salah satu manfaat ampas teh ialah sebagai pengobatan untuk mata lebam. Lebam, bengkak, atau memar pada mata bisa diobati dengan teh lavender dan teh chamomile. Teh tersebut membantu meredakan perdarahan dalam serta menenangkan kulit iritasi dan meredakan nyeri.

mata lebam
Kantung teh bekas meredakan nyeri dan iritasi. (foto: Youtube)

Memanfaatkan kantong teh celup bekas untuk mengatasi mata lebam sangatlah mudah. Pertama, gunakan teh celup seperti biasa untuk membuat teh, kemudian ambil kantong teh tersebut dan peras airnya supaya tidak terlalu basah. Diamkan kantong teh hingga dingin atau simpan di dalam kulkas selama 10-20 menit.

Setelah itu, tempelkan kantong teh tersebut pada mata yang tertutup sambil dipijat lembut dengan jari di sekitar area mata. Lakukan hal tersebut selama 15-30 menit. Jangan tempelkan kantong teh celup ke mata saat masih panas, karena itu justru akan mengiritasi mata kamu.

teabag mask
Kantung teh bekas bisa jadi masker untuk mata lebam. (foto: radius images/atli mar h)

Ingat ya, selalu berhati-hati saat menggunakan kantong teh celup bekas. Pasalnya, mata merupakan area yang sensitif. Untuk itu, perhatikan selalu kebersihan tangan kamu. Cucilah tangan sebelum melakukan perawatan. Selain itu, hapus makeup kamu terlebih dahulu, terutama di bagian mata.

Yang tak kalah penting, pastikan kantung teh bekas yang mau kamu gunakan cukup bersih dan tidak sobek. Gunting bagian talinya, supaya tidak mengganggu. Hindari kantong teh yang dirapatkan menggunakan staples. Selama proses perawatan, jangan menggosok atau menyentuh matamu untuk menghindari iritasi pada mata. Namun, bila muncul rasa gatal atau panas, hentikan perawatan dan segera periksa ke dokter.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH