Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata Terlalu sering mengucek mata dapat menyebabkan dampak negatif. (Foto: Bond Eye Associates)

MENGUCEK mata biasanya kita lakukan saat bangun tidur atau merasa ngantuk. Namun, seringkali kita mengucek mata saat merasa gatal pada mata. Hal ini disebabkan karena mengucek mata merupakan cara untuk menstimulasi agar air mata keluar, sehingga mata tidak kering atau gatal. Jika dilakukan sesekali, megucek mata sebenarnya baik untuk kesehatan.

Baca juga:

Mata Berair, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya

Namun, di sisi lain, mengucek mata juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut lima dampak negatif yang bisa kamu rasakan akibat seiring mengucek mata:

1. Iritasi kelopak mata

Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata
Ditujukkan terutama untuk wanita. (Foto: Pixabay/Skitterphoto)

Dampak ini sebenarnya lebih ditujukan oleh wanita yang sering menggunakan makeup. Sebaiknya, hindari terlalu sering mengucek mata jika tidak ingin mengalami iritas kelopak mata. Sebab, saat kamu mengucek mata, kuman atau bahan kimia dari produk makeup bisa masuk ke dalam matamu.

2. Kantung mata hitam

Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata
Salah satu penyebab kantung mata hitam ternyata sering mengucek mata. (Foto: StyleCaster)

Siapa sangka, ternyata terlalu sering mengucek mata dapat menyebabkan kantung mata hitam, lho! Kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan kantung mata menjadi semakin hitam. Oleh karena itu, mulai dari sekarang hindari kebiasaan mengucek mata agar kantung mata tidak bertambah besar dan hitam.

3. Kerusakan kornea

Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata
Parahnya, bisa menyebabkan kebutaan. (Foto: Pixabay/TobiasD)

Terlalu sering mengucek mata juga dapat menyebabkan kerusakan kornea. Ini bisa terjadi karena jari yang kita gunakan secara tidak langsung menekan kornea atau ada bulu mata yang masuk ke dalam kornea. Jika dibiarkan, kerusakan korena dapat menganggu penglilhatan, bahkan menyebabkan kebutaan.

Baca juga:

Kenali Tanda Kerusakan Sklera, Si Putih Pelindung Bola Mata

4. Glaukoma

Salah satu penyebab kantung mata hitam ternyata sering mengucek mata. (Foto StyleCaster
Glaukoma dapat menyebabkan kerusakan saraf mata. (Foto: Alodokter)

Glaukoma merupakan penyakit mata yang terjadi ketika tekanan cairan dalam bola mata terlalu tinggi. Selain itu, akan membuat saraf mata menjadi rusak dan bertambahh parah jika tidak segera ditangani.

Kerusakan saraf mata ini disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata yang terlau sering dan keras. Parahnya, jika glaukoma dinilai cukup tinggi akan mengakibatkan kebutaan.

5. Mata berdarah

Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata
Terdapat gumpalan darah di mata. (Foto: Medical News Today)

Maksud mata berdarah di sini adalah bukan berarti mengeluarkan darah, tetapi suatu kondisi dimana bagian putih mata berubah warna menjadi merah akibat gumpalan darah. Mata berdarah ini terjadi karena pembuluh darah kecil yang ada di dalam mata pecah akibat tekanan jari. (And)

Baca juga:

Kantung Mata dan Lingkaran Hitam Mengganggu Penampilan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH