Masyarakat Cirebon Gelar Nadran dan Sedekah Bumi

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 15 Oktober 2017
Masyarakat Cirebon Gelar Nadran dan Sedekah Bumi
Replika Laksamana Cheng Ho. Foto: MP/Mauritz

MerahPutih.com - Ribuan masyarakat Cirebon Raya dan Sekitarnya memadati sepanjang Jalan Gunung Jati Kabupaten Cirebon hingga Bundaran Krucuk, Kota Cirebon, Sabtu (14/10) ingin menyaksikan arak-arakan Nadran sedekah Bumi.

Ratusan replika berbagai bentuk yang diarak dalam Nadran tersebut merupakan hasil karya masyarakat Gunung Jati, Kapetakan dan sekitarnya.

Adapun replika yang diarak diantaranya, Mbah Kuwu Cirebon, Laksamana Cheng Ho, Naga api, serta replika beberapa hewan.

Nadran sedekah bumi merupakan tradisi masyarakat nelayan dan tani setempat sebagai bentuk syukuran kepada Allah SWT atas hasil panen mereka juga bentuk permohonan untuk hasil panen musim berikutnya.

Sukirno, warga Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, mengatakan setiap tahun telah mempersiapkan sebuah replika bersama-sama dengan warga lainnya untuk disertakan dalam karnaval.

“Arak-arakan ini sebagai pembuka tradisi Nadran yang telah berlangsung bertahun-tahun, bahkan sejak zaman leluhur,” ucapnya, Sabtu (14/10).

Meskipun berlangsung amam, namun aparat keamanan dari Polsek Gunung Jati dan Polresta Cirebon menjaga berlangsungnya arak-arakan Nadran Sedekah Bumi tersebut.

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

#Kota Cirebon #Cirebon
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan