Masuki Pekan Ketiga, Avengers: Endgame masih belum Terkalahkan Avengers: Endgame masih ada di puncak box office. (foto: ist)

MESKIPUN ada film Detective Pikachu yang tengah tayang, Avengers: Endgame masih kokoh berada di posisi puncak box office Amerika Utara di pekan ketiga pemutaran dengan mengumpulkan US$65 juta.

Film pamungkas dari pertarungan para Avengers itu berhasil melewati perolehan Avengers: Infiniy War (US$679 juta) dan Black Panther (US$700 juta). Perolehan itu menjadikannya film terlaris ketiga tertinggi sepanjang masa di box office domestik dengan pendapatan mencapai US$724 juta dari penjualan tiket.

Secara keseluruhan, Avengers: Endgame merupakan film terbesar kedua yang pernah ada di dunia, dengan raihan total US$2,48 miliar. Film ini berada di belakang film Avatar yang meraih US$2,78 miliar.

Meskipun masih berada di puncak, kesuksesan Avengers: Endgame menguasai box office mulai dibayang-bayangi dengan kehadiran Detective Pikachu. Film live action produksi Warner Bros dan Legendary itu berhasil menarik pendapatan US$58 juta saat tayang perdana di 4.202 tempat. "Ini merupakan akhir pekan yang hebat untuk Detective Pikachu," kata Kepala Distribusi Domestik Warner Bros, Jeff Goldstein, seperti dilansir Reuters.

Goldstein punya alasan untuk bersorak. Awal yang mengesankan untuk Detective Pikachu menandakan kemenangan yang langka untuk film yang mengadaptasi video gim.

Film-film dengan genre serupa, seperti Super Mario Bros dan Doom, tidak begitu berhasil. Bahkan Tomb Raider yang dibintangi Alicia Vikander dan Rampage yang menghadirkan Dwayne Johnson tidak populer di kalangan penggemar video gim.

Menurut Goldstein, faktor yang membuat film ini berhasil ialah karakter film Detective Pikachu yang riang. "Anda tidak perlu menjadi penggemar Pokemon untuk menonton filmnya," katanya.

Film tentang makhluk kuning elektrik yang lucu itu berhasil mengumpulkan US$103 juta dari 62 wilayah internasional. Secara global, pendapat film Detective Pikachu mencapai US$161 juta pada akhir pekan. Pendapatan terbesar diperoleh dari Tiongkok sebesar US$40 juta, diikuti Inggris US$6,6 juta.

Detective Pikachu mendapat ulasan beragam dari para pencinta film. Rata-rata memberikan 64% di Rotten Tomatoes.

Film ini dibuat berdasarkan seri Pokemon yang populer dan video gim tahun 2016 dengan nama yang sama.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH