Ramadan 2022

Masukan Makanan Berikut di Menu Berbuka Puasa

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 19 April 2022
Masukan Makanan Berikut di Menu Berbuka Puasa
Rekomendasi menu sehat untuk berbuka puasa. (Foto: Unsplash/Anna Pelzer)

MENUNGGU waktu berbuka puasa terkadang malah terasa jadi lebih lama dari biasanya. Sayangnya ketika berbuka dengan makanan yang tidak bernutrisi. Padahal berbuka puasa juga harus tetap memerhatikan asupan nutrisi agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Misalnya makanan manis yang pasti terasa nyaman di mulut dan perut serta bisa mengembalikan energi dengan cepat. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga tak baik bagi tubuh. Karena tubuh tetap membutuhkan protein, vitamin, dan mineral.

Baca juga:

Buka Puasa dengan Menu Sehat Khas Vietnam, Goi Cuon

Maka berikut ini adalah sejumlah makanan sehat yang wajib ada pada menu berbuka puasa.

Smoothies

Smoothies buah sehat untuk jadi menu buka puasa. (Foto: Unsplash/Jyoti Singh)

Smoothies yang manis bisa menghilangkan dahaga dalam sekejap terutama kala dicampur dengan yoghurt, susu, dan potongan buah segar yang bisa menambah asupan mineral dan vitamin. Bila ingin lebih sehat pilihlah yoghurt rendah lemak dan gula serta hindari memberi gula tambahan karena buah potongnya sudah memberi rasa manis.

Kolak pisang tanpa santan

Buat kolak pisang tanpa santan agar lebih sehat. (Foto: ANTARA)

Kolak memang menjadi menu buka puasa favorit bagi masyarakat Indonesia. Kolak hadir dengan cita rasanya yang manis dilengkapi dengan buah dan sayuran. Seperti pisang, kolang kaling dan ubi. Namun agar lebih sehat kamu bisa mengganti santan dengan bahan yang lebih menyehatkan seperti susu.

Baca juga:

Puding Cendol, Menu Sehat untuk Buka Puasa

Lumpia buah basah

Buat lumpia basah dari buah-buahan. (Foto: ANTARA)

Seperti menu buka puasa pada umumnya, lumpia basah juga kerap jadi menu buka puasa favorit namun agar lebih sehat kamu bisa mengganti isi lumpia dengan buah-buahan seperti mangga, kiwi, naga, nanas, stroberi, dan lainnya. Lumpia bisa dipanggang selama beberapa menit agar terasa lebih renyah dan gurih.

Puding buah

Gunakan susu rendah lemak untuk membuat vla. (Foto: Unsplash/Atikah Akhtar)

Biasanya puding memiliki rasa manis berkat kandungan gula yang tinggi namun agar lebih menyehatkan kamu bisa mengganti sejumlah bahan utama dengan buah segar. Coba juga untuk membuat vla dengan campuran kuning telur, vanili, dan susu rendah lemak agar lebih sehat.

Salad sayur

Salad sayur sehat dikonsumsi terutama saat buka puasa. (Foto: Unsplash/Hermes Rivera)

Tak hanya saat berbuka puasa, salad sayur memang sangat sehat dikonsumsi kapanpun sehingga menu yang satu ini bisa jadi opsi menu buka puasa yang baik dan sehat. Dalam olahan salad sayur dan buah tersebut sebaiknya hindari menggunakan saus tinggi garam, gula, dan lemak jenuh. Seperti krim kental manis, mayonais, dan saus keju. (waf)

Baca juga:

Jurus Menyiapkan Menu Sehat untuk Lebaran

#Lipsus April Puasa #Kesehatan #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan