Massa Copot Paksa Kain Hitam, Demo KPK Berakhir Bentrok Demo di KPK berakhir bentrok. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ratusan orang bentrok dengan kepolisian di markas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/9). Bentrokan dipicu aksi unjuk rasa oleh sekelompok pemuda.

Pantauan di lokasi, kericuhan ini berawak ketika massa yang terdiri dari Himpunan Aktivis Indonesia dan Aliansi Pemuda Mahasiswa ingin membuka paksa kain warna hitam yang menutupi logo KPK yang tertempel di dinding.

Baca Juga:

Simbol Berduka, Wadah Pegawai Tutup Plang Nama KPK dengan Selubung Hitam

Kain hitam
Wadah Pegawai KPK memasang selubung hitam di Gedung Merah Putih KPK (MP/Asropih)

Polisi yang berjaga langsung berusaha mencegah massa. Namun, para pendemo malah berespons dengan beringas. Tak pelak, aparat berusaha membubarkan paksa ratusan massa tersebut dengan menembakan gas air mata hingga berujung bentrok.

Baca Juga:

Lewat Surel, Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK

Sebelumnya, Wadah Pegawai (WP) KPK melakukan aksi dengan menutup logo KPK sebagai bentuk protes menolak revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Kain hitam itu dipasang menutupi lambang KPK sejak Minggu (8/9) lalu.

demo KPK
Demo di KPK berakhir bentrok. (MP/Ponco Sulaksono)

Penutupan logo ini merupakan simbol duka atas matinya KPK. Protes itu disinyalir karena DPR RI mengusulkan Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Revisi UU itu dinilai dapat melemahkan lembaga antirasua tersebut. (Pon)

Baca Juga:

Bagi-Bagi Mawar Putih, Pegawai KPK Beharap Presiden Tolak Revisi UU KPK

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH