Massa Buruh Naik ke Jalan Tol Bitung Demo buruh di Bitung diwarnai dengan aksi buruh naik ke jalan tol Bitung (Foto: MP/Widi Hatmoko)

MerahPutih Megapolitan - Massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Banten Darurat Upah (ABDU) yang menggelar aksi di Jalan Raya Serang, tepatnya di bawah kolong tol Bitung, sempat naik ke jalan tol.

Aksi massa buruh sempat bersitegang, namun aparat keamanan melakukan pendekatan persuasif, sehingga buruh bisa digiring kembali turun ke jalan arteri.

Koordinator Orasi dari Aliansi Banten Darurat Upat (ABDU) Wawan, dalam orasinya mengungkapkan, aksi naik ke jalan tol oleh buruh ini adalah bagian kecil dari aksi yang ia gelar. Namun demikian, jika tuntutan buruh, yaitu meminta Plt Gubernur Banten Nata Irawan merevisi SK UMK 2017 dan tidak mengacu pada PP 78 Tahun 2015.

Massa buruh mulai naik ke jalan tol Bitung (Foto: MP/Widi Hatmoko)

"Ini adalah bagian kecil dari aksi kita hari ini. Kalau sampai hari Senin, pemerintah Provinsi Banten tidak merevisi SK, dan masih mengacu pada PP 78, kita akan melakukan aksi yang lebih besar lagi. Kita akan naik ke atas, kuasai jalan tol Bitung," katanya.

Untuk pengamanan, serta pengaturan arus lalintas sendiri, Kasatlantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin menyebiut, pihaknya mengerahkan sekitar 50 personil, yaitu 40 dari anggota Satlantas, selebihnya dari anggota lantas dari Polsek. "Kalau BKO dari Polda 1 SSK Brimob, dan 1 SSK Dalmas Sabhara Polda Metro Jaya, selebihnya jajaran anggota dari Polres, dan sebagian dari Polres Metro Tangerang," tandasnya.(Wid)

BACA JUGA:

  1. Wow, Buruh Bitung Demo Pakai Moge dan Mobil Mahal
  2. Akses Tol Bitung Macet Total Imbas Aksi Buruh di Tangerang
  3. Buruh Blokir Akses Masuk Jalan Tol Bitung
  4. Tolak SK Gubernur Buruh Turun ke Jalan
  5. Aksi Buruh Berbarengan dengan Demo 2 Desember

 



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH