Massa Aksi Penolak RUU Cipta Kerja dan HIP Bakal Kepung DPR Aktivis Greenpeace memasang poster pada manekin saat aksi damai menolak pembahasan RUU Cipta Kerja di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/6/2020).( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ws

MerahPutih.com - Gedung DPR/MPR bakal dikepung dua elemen massa beda kepentingan, Kamis, 16 Juli 2020. Dua kelompok ini menyuarakan penolakan terhadap RUU Haluan Ideologi Pancasila yang dimotori Front Pembela Islam serta Penolakan Pada RUU Cipta Kerja yang dimotori Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK).

Juru Bicara GEBRAK Nining Elitos mengatakan, pihaknya turun ke jalan, mendesak penghentian pembahasan RUU Cipta Kerja (Cilaka) yang cacat prosedur dan bermasalah dalam substansi.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini menilai, parlemen maupun pemerintah tidak punya niat politik untuk melindungi rakyatnya. Hal ini dibuktikan dengan terges-gesanya pembahasan produk legislasi yang pro penguasa dan pengusaha dan abai terhadap legislasi yang dibutuhkan rakyat seperti RUU Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Baca Juga:

Bakamla Terus Pantau Pencurian Ikan Oleh Kapal Vietnam

Nining menegaskan, RUU Cipta Kerja merupakan ancaman bagi rakyat, lingkungan hidup. Kerusakan alam, udara, laut dan pesisir dan mempertajam konflik agraria.

"Omnibus Law adalah produk pemiskinan yang struktural dan sistematis, bertentangan dengan konstitusi dan cita-cita bangsa untuk mensejahterakan rakyat," tutup Nining.

Sementara massa aksi lainnya, adalah Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) yang terdiri dari Persaudaraan Alumni 212 (PA) cs yang menentang RUU Haluan Ideologi Pancasila.

"Tuntutan kami masih sama, bahwa maklumat MUI belum ditanggapi serius oleh DPR RI. Tuntutan umat dan ormas di berbagai kabupaten kota dan provinsi juga sampai saat ini belum ditanggapi," ujar Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif. (Knu)

Baca Juga:

Lonjakan Kasus COVID-19 Tak Kunjung Henti, Ketua MPR Sindir Kesadaran Pemerintah



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH