Maskot Pilgub Jabar, Dipilih Kang Jalih dan Teh Jalih Kang Jalih dan Teh Jalih. (Ist)

MerahPutih.com – Sebuah maskot diperlukan dalam setiap kegiatan akbar. Tak terkecuali dengan Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2018 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar akhirnya memperkenalkan maskot Pilgub Jabar 2018 yang diberi nama Kang Jalih dan Teh Jalih. Dua maskot itu mewakili ikon Jawa Barat yang dikenal dengan Gedung Satenya.

Komisioner KPU Jabar Yuningsih mengatakan maskot untuk Pilgub Jabar 2018 itu merupakan buah karya dari mahasiswa program pascasarjana Institut Teknologi Bandung hasil sayembara pada tahun 2016 lalu.

"Maskotnya satu pasang, namanya Kang Jalih dan Teh Jalih. Ini merupakan karya dari mahasiswa ITB beberapa waktu lalu," ujar Yuningsing, Senin (2/10).

Disinggung mengenai penamaannya "Jalih", Yuningsih mengatakan bahwa nama tersebut kependekan dari Jabar memilih. Bentuk dari maskot sendiri merupakan perwujudan dari ikon Jawa Barat, yakni Gedung Sate yang diubah menjadi sosok kesatria.

Selain itu, pemilihan sosok kesatria sebagai maskot Pilgub Jabar 2018 bukan tanpa alasan.

“Kesatria merupakan figur yang jujur, adil, tangguh, bertanggung jawab, cerdas dan mampu menyelesaikan masalah, juga sportif. Sifat-sifat kesatria sangat cocok untuk perhelatan Pilgub," bebernya.

Untuk itu dirinya berharap dengan adanya maskot kesatria Pilgub Jabar ini, seluruh pihak, baik penyelenggaran maupun peserta, bisa memiliki sifat-sifat kesatria pula.

“Dengan maskot ini kami berharap bisa lancar dalam perhelatan ke depannya,” harap Yuningsih.

Hingga kini pihaknya pun terus memperkenalkan kedua maskot tersebut dalam setiap acara sosialisasi ke masyarakat.

“Terus kita perkenalkan dan sosialisasikan ke masyarakat,” ucapnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Golkar Simulasi Pasangkan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi Dalam Pilgub Jabar


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH