Maskot AWBG Bali 2023 Bli Suksma dan Gek Suksma sebagai Simbol Kegembiraan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 30 April 2023
Maskot AWBG Bali 2023 Bli Suksma dan Gek Suksma sebagai Simbol Kegembiraan
Maskot 2nd ANOC World Beach Games Bali 2023 Bli Suksma dan Gek Suksma. (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) bersama Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) memperkenalkan maskot resmi 2nd ANOC World Beach Games Bali 2023, “Bli Suksma” dan “Gek Suksma” di CdM Seminar Meeting yang dihadiri langsung oleh 69 NOC pada Sabtu (29/4).

Maskot tersebut terinspirasi dari hiu sirip hitam (blacktip shark) yang ada di perairan Indonesia, terutama di Bali dan Raja Ampat.

Maskot dinamai berdasarkan julukan yang sering digunakan dalam bahasa Bali untuk menyebut saudara laki-laki (bli) dan saudara perempuan (gek).

Sementara Suksma atau "Terima Kasih" menjadi arti bahwa Bali selalu siap memberikan hospitality terbaik. Keduanya mewakili semangat keramahan yang ditonjolkan dalam budaya Bali.

Baca Juga:

Ketum NOC Indonesia Berharap Tidak Ada Gangguan dalam Pelaksanaan AWBG di Bali

“Maskot ini mewakili kegembiraan dan semangat AWBG Bali,” kata Ketua Umum (Ketum) NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Ia melanjutkan, maskot melambangkan hiu sirip-hitam, salah satu jenis hiu yang ditemukan di laut Indonesia seperti Bali dan Raja Ampat.

Mereka merupakan ikonik spesies yang mewakili kekayaan kehidupan laut Indonesia serta mengingatkan pada perlunya melindungi dan memelihara laut kita untuk generasi muda selanjutnya.

“Dengan menggunakan hiu sirip-hitam sebagai maskot, kami juga meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mempromosikan pelestarian blacktip sharks,” lanjut Okto.

Ketua Umum (Ketum) NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: NOC Indonesia)
Ketua Umum (Ketum) NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: NOC Indonesia)

Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Lindberg optimistis Indonesia dapat meraih sukses di AWBG Bali 2023.

“Bali memiliki infrastruktur yang sangat baik, hotel dan lain-lainnya. Kami senang berada di sini. Sisa waktu tiga bulan dan ANOC akan melakukan persiapan yang matang bersama dengan panitia penyelenggara (Indonesia AWBG Organizing Committee),” kata Gunilla.

AWBG Bali 2023 mempertandingkan 14 cabor, yakni 10 cabor mandatory atau wajib yaitu Open Water Swimming 5km, Beach Water Polo, Beach Soccer, Beach Handball, Individual Kata Karate, Kite Foil, Beach Tennis, Aquathlon, Beach Volleyball 4×4 and Beach Wrestling. Empat cabor lainnya adalah basket 3×3, AirBadminton, Beach Sprint Rowing dan Surfing.

Sebagai informasi, AWBG Bali akan diselenggarakan pada 5-12 Agustus, dan akan dilanjutkan dengan ANOC General Assembly pada 13-15 Agustus.

AWBG merupakan multievent terbesar berdasarkan jumlah negara peserta yang pernah diselenggarakan di Indonesia dan dapat menjadi stepping stone menuju bidding tuan rumah Olimpiade 2036. (Knu)

Baca Juga:

Atlet Handball Indonesia Optimistis Mampu Raih Prestasi di AWBG Bali 2023

#NOC Indonesia
Bagikan
Bagikan