Maskapai Ini Memperbolehkan Pramugarinya Berhijab

Ana AmaliaAna Amalia - Minggu, 11 Januari 2015
Maskapai Ini Memperbolehkan Pramugarinya Berhijab

MerahPutih Internasional – Menutup aurat dengan berhijab memang sudah menjadi kewajiban bagi para Muslimah, agama Islam mewajibkan para perempuan untuk menutup auratnya dengan jilbab.

Di zaman moderen seperti saat ini hijab sering diartikan sebagai sesuatu yang kuno dan terlalu kaku, sehingga banyak perusahaan atau pun ada beberapa profesi yang tidak menerima hijab yang dikenakan bagi para karyawannya.

Pramugari misalnya, profesi ini dikenal dengan para perempuan seksi dan sensual sehingga menutup peluang bagi para hijabers untuk melakoninya. Memang belum ada maskapai di Indonesia yang memperbolehkan para pramugarinya mengenakan hijab, tapi ada beberapa maskapai di luar negeri yang justru menjadikan hijab sebagai seragam penerbangan mereka.

Mau tahu maskapai apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Royal Brunei Airlines

Merupakan maskapai penerbangan internasional di Kesultanan Brunei. Maskapai ini dimiliki oleh pemerintah Brunei dan merupakan flag carrier dari Kesultanan Brunei Darussalam. Basisnya di Bandara Internasional Brunei di Berakas, sebelah utara ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan.

Bagi kamu para hijaber yang memiliki cita-cita sebagai pramugari, Royal Brunei Airlines mungkin jawabannya. Maskapai penerbagan ini memang menjadikan hijab sebagai seragam para pramugarinya.

Para pramugari di maskapai kesultanan Brunei ini membalut tubuh mereka dengan cukup tertutup, kepala mereka ditutupi jilbab bertopi yang sempurna. Pakaian bagian atas pun cukup longgar, tidak terlalu ketat seperti seragam pramugari pada umumnya. Rok yang mereka kenakan juga panjang dan tidak ada belahan rok sama sekali tentunya.

Seragam para pramugari Brunei Airlines ini terdiri dari dua warna, ada yang berwarna biru muda dan satu lagi berwarna oranye. Motifnya pun kalem dan tidak mencolok, hanya ada sedikit motif-motif batik di beberapa bagian.

Untuk hiasan wajah atau make-up pun tidak terlalu menor alis biasa saja, jika pada umumnya pramugari bersolek secara berlebihan, pramugari Brunei Airlines tampil natural dengan make- up tipis nan anggun.
Meski maskapai penerbangan di Indonesia masih belum ada yang menjadikan hijab sebagai seragam mereka, bukan berarti membuat kamu tidak bisa menggapai impian untuk menjadi seorang Fligt Attendants, kamu bisa berkarier di Brunei Airlins tanpa harus melepas hijab yang telah kamu kenakan.

2. Egypt Airlines

Merupakan sebuah maskapai penerbangan nasional Mesir yang berbasis di Cairo. Sahamnya dimiliki seluruhnya oleh pemerintah Mesir, maskapai ini mengoperasikan penerbangan menuju 70 kota di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Timur Jauh, Amerika Serikat dan Kanada, juga penerbangan domestik. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Internasional Kairo.

EgyptAir merupakan anggota Arab Air Carriers Organization dan juga merupakan maskapai terbesar kedua di Afrika (setelah South African Airways).

Hijab juga menjadi seragam bagi para pramugari di maskapai Mesir ini, berbeda dengan Fly Emirates yang hanya menjadikan setengah selendang yang jadi penghias kepala para pramugarinya, Egypt Airlines bener-benar menutup seluruh bagian kepala kecuali wajah para pramugari cantiknya.

Maskapai yang telah berdiri sejak 1932 ini memiliki seragam yang cukup elegan bagi para pramugarinya, selain mengenakan hijab para pramugari Egypt Airlines pun mengenakan jas yang biru tua cukup tebal dan rok panjang tentunya.

3. Iran Air

Iran Air melayani 60 tujuan (35 Internasional dan 25 Domestik). Maskapai ini mengoperasikan 64 pesawat buatan Boeing dan Airbus, yang kebanyakan dibeli sebelum Revolusi Islam Iran tahun 1979.

Sanksi dari Amerika Serikat dan Uni Eropa membuat maskapai ini kesulitan membeli suku cadang untuk merawat pesawat-pesawatnya. Sehingga, tahun ini Iran Air memutuskan membeli pesawat baru dari Rusia, yaitu 35 buah Tupolev Tu-204 (5 diantaranya dipesan untuk Iran Air Tours), yang dijadwalkan masuk dinas tahun 2011. Iran Air juga tertarik untuk membeli Ilyushin Il-96 dan Sukhoi Superjet 100.

Maskapai penerbangan aini pun menjadikan hijab sebagai seragam para pramugarinya. Mengenakan jas hitam panjang dan jelana panjang longgar juga penutup kepala yang menutup seluruh bagiannya kecuali wajah membuat para pramugari Iran Air ini tampil profesional dengan seragam muslimahnya itu.

 

Follow Twitter kami di @MerahPutihcom

Like Fanpage Facebook kami di merahputih.com

#Pramugari Berhijab #Pramugari #Flight Attendants #Hijaber #Hijab
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan