Maskapai Emirates Bakal Buka Penerbangan ke Tanah Suci di Bandara YIA

MerahPutih.com - Seluruh penerbangan mancanegara di Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan dipindah ke Yogyakarta International Airport (YIA) pada Maret 2020. Sejumlah maskapai asing sudah menawarkan rute penerbangan langsung ke luar negeri.

Plt General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama menjelaskan maskapai yang sudah mengajukan izin terbang di antaranya Emirates Airlines.

Baca juga

Hati-Hati Terbang dari Bandara Yogyakarta

"Emirates sudah bicara dengan kami. Mereka mau bawa pesawat 380 wide body ke sini (YIA),"ujar Pandu di Yogyakarta, Selasa (8/10)

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) (Foto: Humas Angkasa Pura I)
Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) (Foto: Humas Angkasa Pura I)

Maskapai yang bermarkas di Dubai ini berencana membuka penerbangan ke beberapa destinasi. Di antaranya menuju ke beberapa kota di tanah suci seperti Mekkah dan Madinah. Jika sudah disetujui Pemerintah, Pandu memprediksi pembukaan rute ke tanah suci akan dimulai paling cepat April 2020.

"Kalau sudah bisa mendarat, maka penerbangan umroh sudah bisa mulai dari YIA," tegas Pandu yang juga menjabat sebagai General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Baca juga

Peresmian Bandara Baru Yogyakarta Diundur Lagi, Ini Sebabnya

Maskapai Emirates kini sedang mengurus persyaratan izin pembukaan rute baru kepada pemerintah Indonesia dan lembaga penerbangan internasional. Sementara maskapai lainnya baru dalam proses penjajakan.

Pandu optimis jika rute penerbangan ke luar negeri meningkat, kunjungan wisatawan di pulau Bali dapat "tersedot" ke Yogyakarta. Hal ini akan berdampak pada menggeliatnya pariwisata dan meningkatnya pendapatan pemerintah daerah.

Emirates
Maskapai Emirates

"Kalau YIA beroperasional full, wisatawan asing tidak perlu transit lagi di Jakarta atau Surabaya. Bisa langsung mendarat di sini," kata Pandu.

Baca juga

Bandara YIA Beroperasi, Dispar DIY Optimistis Gaet 1,5 Juta Wisman

Nantinyaj, am operational bandara akan diperpanjang dari pukul 06.00 WIB hingga 24.00 WIB. Bandara didekat pantai ini bisa menampung sebanyak 20 ribu penumpang pertahunnya. Angkasa Pura 1 kini tengah mengebut penyelesaian pembangunan Bandara YIA. Pembangunan ditargetkan selesai akhir 2019. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH