Maskapai Dunia Tawarkan Tamasya Tanpa Tujuan Lepas landas dan mendarat di Sydney. (Foto: Unsplash/John Kappa)

BINGUNG ya kalau naik pesawat tapi tak punya tujuan. Namun, pengalaman seperti itu justru jadi solusi buat kamu yang rindu naik pesawat di tengah pandemi. Kamu terbang tanpa tujuan, artinya tak perlu mendarat, mengingat semua tempat di dunia belum aman dari COVID-19.

Sejumlah maskapai dunia menawarkan pengalaman tersebut. Maskapai penerbangan Australia, Qantas Airways, memiliki Great Southern Land Scenic, rute penerbangan lepas landas dari dan kembali mendarat di Sydney. Penerbangan ini tak mendarat di tujuan manapun.

Baca juga:

Peringati Hari Ayah, Pesawat ‘Hello Kitty’ Terbang Tanpa Tujuan

1
Pelanggan setia maskapai merasa terkurung dan ingin pergi. (Foto: Unsplash/Eva Darron)

Lalu, EVA Air yang berbasis di Taiwan menerbangkan penerbangan bertema "Hello Kitty" pulang pergi dari dan ke Taipei pada Agustus, demikian Bangkok Post melaporkan.

ANA Jepang pada Agustus menawarkan penerbangan tamasya singkat dari Tokyo dengan pesawat yang biasanya digunakan dalam penerbangan Honolulu. Maskapai tersebut mengatakan 300 penumpangnya sangat menikmati pengalaman resor Hawaii di bandara dan di dalam pesawat.

Melansir laman USA Today, Singapore Airlines sedang mempertimbangkan apakah akan mencoba konsep tersebut. "Saat ini, rencana tersebut belum ada satu pun yang dijalankan," kata juru bicara James Boyd.

Banyak maskapai penerbangan mengalami penurunan yang signifikan dari minat perjalanan sebagian besar pelancong selama pandemi.

Penerbangan khusus beroperasi atas dasar teori bahwa para pelanggan setia maskapai penerbangan merasa terkurung dan siap untuk pergi ke suatu tempat. Bahkan berakhir dengan tanpa tujuan sekalipun.

Terbukti, penerbangan Qantas yang dijadwalkan pada 10 Oktober, 134 tiketnya dilaporkan terjual habis dalam 10 menit. Dipatok tergantung dari kelasnya, menurut CNN harga tiket berkisar dari Rp8,3 juta hingga Rp40 juta lebih.

Qantas mengatakan penumpang akan melihat Down Under landmarks seperti Great Barrier Reef, formasi batu pasir besar Uluru, kubah batu Kata Tjuta, Teluk Byron yang indah, dan Pelabuhan Sydney dari jendela pesawat tipe Boeing 787 mereka.

Baca juga:

Manuver Terakhir Boeing 747 Milik Qantas

pesawat
Penawaran terbang untuk menghilangkan kejenuhan. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

"Bersantailah di langit dengan piyama Qantas saat penerbangan Anda berkeliling negeri dengan beberapa kejutan di sepanjang jalan," ujar pihak Qantas.

Bagi yang tidak terlalu memperhatikan promosinya secara detil, salah satu kejutannya adalah tidak adanya film dalam penerbangan. Maskapai menyarankan penumpang untuk membawa perangkat hiburan mereka sendiri.

Maskapai tersebut mengatakan akan ada lelang amal langsung untuk memorabilia Qantas 747 yang sudah pensiun, asli dan terbatas, serta sesi dalam simulator penerbangan 787. Ada juga makan siang mewah dalam penerbangan, pembawa acara selebriti dan hiburan. (lgi)

Baca juga:

Menikmati Sajian Penerbangan tanpa Terbang ala Thai Airways

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH