Maskapai Asing Masuk RI, Luhut: Kita Lihat Pelan-Pelan Menko Kemaritiman Luhut B. Panjaitan (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengakui kebijakan maskapai asing bisa saja masuk ke Indonesia guna mendorong harga tiket pesawat yang lebih kompetitif masih dalam tahap kajian.

"Sekarang kan sudah ada AirAsia. Nantilah kita lihat pelan-pelan, ndak terlalu buru-buru," kata Luhut di Jakarta, Selasa (11/6).

Pesawat Air Asia
Pesawat AirAsia (Foto: AirAsia.com)

Menurut Luhut, Pemerintah masih akan mempelajari soal aturan yang ada, termasuk mengenai kepemilikan saham jika maskapai asing beroperasi di Indonesia. "Nanti kita lihat. Kita pelajari," tegas dia, dilansir Antara.Baca Juga:

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Pemudik Beralih ke Kapal Laut

Menurut dia, pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan mengundang maskapai-maskapai asing untuk membuka rute domestik agar konsumen bisa memiliki lebih banyak pilihan merupakan ide yang realisasinya dilakukan secara bertahap.

"Ya bisa saja nanti (maskapai asing masuk), tapi kita harus lakukan bertahap, tidak boleh juga semuanya cepat. Presiden juga maksudnya begitu," tutur mantan Menko Polhukam itu.

Luhut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (Antaranews)

Apalagi, kata Luhut, harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik di Indonesia merupakan yang terendah keenam di dunia. Namun, dia mengakui ada sejumlah kesalahan atas kondisi tersebut sehingga menimbulkan gejolak saat harga tiket pesawat mengalami kenaikan seperti saat ini.

"Kalau kita lihat, harga tiket pesawat Garuda di Indonesia itu masih empat atau enam termurah di dunia. Jadi harga tiketnya paling murah. Kan tidak sehat juga untuk perusahaan. Tapi ada juga kesalahan pemerintah," tutup Luhut. (*)

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Meroket, Pengusaha Biro Perjalanan Gunakan Siasat Khusus


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH