Masjid Riyadussolihin Peninggalan Sunan Kalijaga, Benarkah?

Bahaudin MarcopoloBahaudin Marcopolo - Selasa, 23 Juni 2015
Masjid Riyadussolihin Peninggalan Sunan Kalijaga, Benarkah?
Masjid Jami Riyadussolihin yang dibangun oleh Kanjeng Sunan Kalijaga dalam waktu semalam, Depok, Jawa Barat, Selasa (23/6). (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

MerahPutih Misik - Masjid Riyadussolihin yang terletak di Kampung Cikambangan, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat disebut-sebut sebagai masjid peninggalan Sunan Kalijaga, salah satu Wali Songo.

Masjid tanpa kubah dan memiliki corak dengan atap punden berundak dikabarkan dibangun sekitar pertengahan abad ke 16. Masjid itu juga dipercaya sebagai salah satu wujud syiar Islam ke Jawa Barat, khususnya di kawasan Depok.

Lantas apakah betul Masjid Riyadussolihin adalah peninggalan Sunan Kalijaga?

Menanggapi hal tersebut sejarawan JJ Rizal menilai fenomena tersebut sebagai hal wajar. Menurutnya keyakinan masyarakat sekitar terhadap Masjid Jami Riyadussolihin yang disebut-sebut sebagai peninggalan Kanjeng Sunan Kalijaga terbentuk dari fenomena mengkultuskan individu.

"Ada banyak tempat yang bisa diklaim sebagai warisan dan peninggalan Wali Songo. Hal tersebut terbentuk dari keyakinan publik di sekitar lokasi," kata JJ Rizal saat dihubungi MerahPutih.com, Selasa malam (23/6).

Sejarawan yang dicalonkan sebagai kandidat Wali Kota Depok menambahkan, imbas dari pengkultusan tersebut adalah sulit membedakan mana yang disebut sebagai fakta sejarah dengan mitos.

"Itu kan keyakinan penduduk sekitar. Jadi agak sulit juga membedakan mana yang betul history atau story belaka," sambungnya.

Lebih lanjut Sejarawan kelahiran 12 Februari 1972 menambahkan, untuk membuktikan apakah betul Masjid Riyadussolohin adalah warisan dan peninggalan dari kanjeng Sunan Kalijaga maka diperlukan riset dan kejian mendalam. Dengan melakukan kajian mendalam, maka akan dibedakan fakta sejarah dan mitos masyarakat.

"Kalau mau ya lakukan uji sejarah," tandasnya. (fyn/bhd)

BACA JUGA:

Masjid Jami Riyadussolihin Disebut-sebut Peninggalan Sunan Kalijaga

Benarkah Masjid Jami Al Istiqomah Dibangun Hanya Semalam?

#Kanjeng Sunan Kalijaga #Masjid Jami Riyadussolihin #Bulan Ramadan
Bagikan
Bagikan