Masjid-Masjid Megah Bersejarah Terkenal sebagai Destinasi Religi di Jakarta Masjid Agung Sunda Kelapa. (Foto: instagram@denim_sadega)

IBU Kota Jakarta tak hanya punya andalan wisata kota dan alam. Wisata alam khususnya di Kepulauan Seribu dengan pulau-pulau cantik dan berbagai aktivitas wisata baharinya.

Sejarah merupakan magnet penting Jakarta dalam dunia pariwisata. Banyak tempat-tempat bersejarah yang menggambarkan masa lalu. Baik sebelum Indonesia merdeka, maupun pada masa perjuangan dan setelah Indonesia berdiri.

Ada banyak wisata religius di Ibu Kota Jakarta. Terutama yang saat ini ditandai dengan bangunan-bangunan monumental. Bagi kaum muslimin, wisata religius di antara dengan mengunjungi masji-masjid. Berwisata sekaligus beribadah. Berikut merahputih.com sajikan limat tempat wisata religius di Jakarta;


1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal. (Foto: instagram.com/yuuu.kuuu)
Masjid Istiqlal. (Foto: instagram@yuuu.kuuu)

Masjid Istiqlal wajib kamu kunjungi ketika ingin berwisata religi di Ibu Kota. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Presiden Sukarno pada 24 Agustus 1961.

Masjid Istiqlal berarti Masjid Merdeka. Arsitekturnya adalah seorang seorang nasrani bernama Frederich Silaban. Masjid yang mampu menampung jamaah sebesar 200 ribu ini terletak di timur laut Lapangan Medan Merdeka.


2. Masjid At-Tin

Masjid At-Tin. (Foto: @eprabowo_official via instagram.com/magnificentjakarta)
Masjid At-Tin. (Foto: @eprabowo_official via instagram@magnificentjakarta)

Masjid At-Tin dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto mulai dibangun pada April 1997. Masjid ini dekat dengan tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Nama At-Tin sendiri berarti buah tin yang merupakan salah satu surat di Alquran. Selain itu, masjid ini dibangun untuk mengenang istri Presiden Soeharto yaitu Siti Hartina atau biasa dipanggil Ibu Tin.


3. Masjid Agung Al-Azhar

Masjid Agung Al-Azhar. (Foto: instagram.com/lexikurnia)
Masjid Agung Al-Azhar. (Foto: instagram@lexikurnia)

Masjid Agung Al-Azhar merupakan salah satu masjid raya di Ibu Kota Jakarta yang wajib dikunjungi sebagai destinasi religius. Masjid ini dibangun oleh Pemerintah DKI Jakarta pada 19 November 1953.

Masjid Agung Al-Azhar pada awalnya bernama Masjid Agung Kebayoran, tempat masjid ini berada. Nama baru tersebut lahir setelah rektor Universitas Al-Azhar Kairo Prof Dr Mahmud Shaltut berceramah di masjid tersebut, dan menyarankan untuk memberikan nama Masji Al-Azhar.


4. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa. (Foto: instagram.com/smuhamad778)
Masjid Agung Sunda Kelapa. (Foto: instagram@smuhamad778)

Masjid Agung Sunda Kelapa dibangun pada 1960-1970 masa kepemimpinan Gubernur Jakarta Ali Sadikin. Masjid megah ini terkenal karena keunikan arsitekturnya. Tak seperti kebanyakan masjid, beberapa bagian seperti kubah, bulan-bintang, dan simbol-simbol seperti biasanya pada masjid tidak ada.

5. Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari

Masjid KH Hasyim Asy'ari. Foto: @eka_mawarnios via instagram.com/jakarta_tourism)
Masjid KH Hasyim Asy'ari. Foto: @eka_mawarnios via instagram@jakarta_tourism)

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari merupakan masjid baru yang dibangung untuk menghormati pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari. Segi arsitektur masjid ini bercorak Betawi. Terletak di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Masjid dengan daya tempung 12.500 jamaah bisa dibilang merupakan peninggalan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Setelah menjadi Presiden, pembangan masjid raya milik DKI dilanjutkan pada masa Ahok, kemudian Djarot. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tempat-tempat Wisata Ngehits nan Instagramable di Yogyakarta

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH