Masjid Kali Pasir, Saksi Bisu Toleransi Antar Umat Beragama

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 16 Juni 2017
Masjid Kali Pasir, Saksi Bisu Toleransi Antar Umat Beragama
Masjid Kali Pasir. (Merahputih.com/Muchammad Yani)

Masjid Kali Pasir yang terletak di Pasar Lama, Tangerang, Banten memang menyimpan jutaan catatan sejarah. Bangunan yang berukuran sekitar 288 meter persegi tersebut diyakini sebagai masjid tertua di Tangerang.

Saat itu seorang Pangeran Kahuripan Bogor, Tumenggung Pamit Wijaya mencoba melakukan syiar Islam ke wilayah Banten. Hingga suatu ketika ia membangun Masjid Kali Pasir sekitar tahun 1671.

Bukan hanya bukti penyebaran Islam di Tanggerang, Masjid yang memiliki kubah unik ini juga bisa menjadi saksi bisu kerukunan umat beragama yang ada di wilayah Pasar Lama. Tak jauh dari Masjid Kali Pasir, terdapat sebuah vihara bernama Boen Tek Bio yang tak kalah tua dengan masjid tersebut.

Masjid Kali Pasir (Merahputih.com/Muchammad Yani)

Saat menuju Masjid Kali Pasir melewati Jalan Kalipasir Indah, Anda akan melihat bangunan tua dengan arsitektur Tiongkok dengan kubah masjid unik.

Berbeda dengan masjid pada umumnya yang memiliki kubah dengan desain Timur Tengah, Pada kubah Masjid Kali Pasir Anda akan melihat sedikit sentuhan budaya Tiongkok. Selain itu menara di masjid Kali Pasir juga sedikit menyerupai pagoda.

Berdasarkan informasi yang didapat dari merahputih.com, pembangunan masjid dilakukan secara gotong royong oleh warga di sekitar Sungai Cisadane yang beragama Muslim serta warga keturunan etnis Tionghoa.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Masjid Kali Pasir, Saksi Bisu Penyebaran Islam Di Tanggerang.

#Serba-Serbi Ramadan 2017 #Wisata Religi #Wisata Religi Di Banten
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan