Masjid Istiqlal tak Selenggarakan Salat Idul Fitri Masjid Istiqlal. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah menegaskan bahwa tidak ada penyelenggaraan salat Id pada Idul Fitri tahun ini.

"Ya tahun ini kita tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri maupun takbiran," kata Abu saat dihubungi wartawan, Kamis (21/5).

Baca Juga

Warga DKI Diimbau Tak Gelar Salat Idulfitri di Masjid dan Lapangan

Masjid Istiqlal masih tetap membuka kesempatan bagi para Muzaki (orang wajib berzakat). Meskipun begitu, Abu menuturkan jumlah zakat fitrah yang terkumpul pada Ramadan tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu.

"Kami sudah membuka (penerimaan zakat) sejak satu Ramadan. Sangat sedikit dibanding tahun sebelumnya sampai sekarang belum ada Rp100 juta. Total tahun lalu bisa mencapai Rp800 jutaan dan rata-rata uang," tambahnya.

Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam Lc MA. (ANTARA/ (Istimewa)
Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam Lc MA. (ANTARA/ (Istimewa)

Adapun pembagian zakat, panitia akan menyalurkan kepada Mustahik (orang yang berhak menerima zakat) di sekitar Masjid Istiqlal.

"Penyaluran zakat fitrah nanti malam lebaran kami yang mengantarkan langsung ke rumah mustahik yang datanya sudah kami perbaharui prioritas yang tempat tinggalnya paling berdekatan dengan istiqlal, seperti distribusi hewan kurban," tutupnya.

Diketahui, sejak awal Ramadan, pengelola Masjid Istiqlal memang meniadakan sejumlah ibadah. Ibadah yang ditiadakan saat PSBB antara lain salat wajib lima waktu, salat jumat, salat tarawih dan lain sebagainya.

Baca Juga

Bupati Karanganyar Bolehkan Warga Salat Id di Masjid dan Lapangan, Begini Reaksi Ganjar

Upaya tersebut dalam rangka menaati aturan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Belum lagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang PSBB tahap III hingga 4 Juni 2020. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH