Masjid Istiqlal Ditargetkan Selesai Renovasi Tahun 2020 Masjid Istiqlal. (MP/Dery Ridwansah)

Merahputih.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan renovasi Masjid Istiqlal ditargetkan bakal dapat selesai pada Maret 2020.

"Sejak diperintahkan Bapak Presiden Jokowi, kita mulai renovasi besar-besaran pada bulan Mei 2019," kata Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (22/7).

Baca Juga: Habiskan Hampir Setengah Triliun, Bagian Mana Saja Masjid Istiqlal yang Direnovasi?

Menurut Basuki, renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal yang merupakan tindak lanjut atas perintah Presiden Joko Widodo tersebut tidak hanya untuk bagian dalam masjid. Tetapi juga lansekapnya diubah agar lebih baik.

Dengan demikian, maka Masjid Istiqlal tidak hanya menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia tetapi juga kebanggaan bangsa.

qMasjid Istiqlal

Area yang ditinjau yakni lokasi pembangunan tempat parkir berupa bangunan dua lantai berkapasitas 2.000 kendaraan roda empat, kemudian menuju selasar tengah, bangunan dalam masjid, ruang perkantoran, toilet, dan area kolam.

Kementerian PUPR, sebagaimana dikutip Antara, juga melakukan penataan pada Taman Pendidikan Madrasah Istiqlal dan ruang perkantoran yang berada di basement masjid.

Baca Juga: Imam Besar Masjid Istiqlal Minta Ulama Pendukung Jokowi dan Prabowo Hentikan Permusuhan

Lansekap kawasan masjid juga ditata ulang dengan penambahan tanaman dan pot bunga sehingga menambah porsi ruang terbuka hijau (RTH) saat ini berkisar 29 persen menjadi lebih kurang 35 persen.

"Sungai yang melintas di depan masjid juga dilakukan pengerukan sedimentasi dan dibuatkan terasering yang dapat menjadi ruang terbuka," beber Basuki. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH