Masjid di Pacitan Hanyut ke Tengah Laut Berhasil Dievakuasi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 11 Februari 2021
Masjid di Pacitan Hanyut ke Tengah Laut Berhasil Dievakuasi
Kondisi Masjid Apung Pantai Panceer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sebelum dan sesudah dievakuasi. (Foto: MP/Istimewa)

MerahPutih.com - Masjid Apung Pantai Panceer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, berhasil ditarik ke bibir pantai karena sebelumnya terseret banjir dan arus Sungai Grindulu hingga hanyut ke tengah lautan.

Derasnya arus Sungai Grindulu itu membuat posisi masjid bergeser di beberapa hari terakhir karena tekanan air bercampur sampah hingga berjarak sekitar 1 km. Puncaknya pada Rabu (10/2) dini hari.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianitta Agustinawati menyampaikan, kendati terseret, bangunan masjid tidak ada yang rusak.

Baca Juga:

COVID-19 tak Halangi Pasangan Pengantin di Pacitan Langsungkan Ijab Qabul

"Alhamdulillah akhirnya berhasil ditarik kembali. Dan keseluruhan masjid berbahan kayu dan bambu itu masih tetap utuh ko," tuturnya saat dikonfirmasi, Kamis (11/2).

Baca Juga:

Polisi Selidiki Kematian Misterius Pasangan Suami-Istri di Pacitan

Ia menambahkan, masjid apung tersebut berhasil ditarik ke tempat semula karena warga pihak bergotong royong. Sebab, tidak mudah mengembalikan di posisi semula.

"Sebelumnya dibantu 4 petugas tim reaksi cepat (BPBD) ke lokasi masjid berada. Lalu mereka mengikatkan tali tambang untuk ditarik perlahan namun gagal. Kemudian ditarik dengan beberapa unit mobil jip milik anggota komunitas off roader Pacitan. Dan sekitar dua jam, masjid tersebut berhasil dievakuasi," imbuhnya. (Andika Eldon/Jawa Timur)

Baca Juga:

Manjakan Mata, Cek 4 Spot Wisata Unik di Pacitan

#Breaking #Kabupaten Pacitan #Banjir
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan