Masih Uji Coba, Skybridge Bakal Diresmikan Januari 2019

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 28 Desember 2018
Masih Uji Coba, Skybridge Bakal Diresmikan Januari 2019
Skybridge Tanah Abang (MP/Asropih)

MerahPutih.com - PD Pembangunan Sarana Jaya tengah melakukan uji coba Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau Skybridge yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat dan ditargetkan selesai pertengahan bulan Januari 2019.

Hasil uji coba itu nantinya akan dilaporkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk diresmikan.

"Saya sih target saya 15 Januari saya laporkan ke gubernur buat laporan. Sampai tanggal 15 Januari kita lihat progresnya. Kalau progresnya bagus, nanti kita minta gubernur segera meresmikan," kata Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan di Jakarta, Jumat (28/12).

Menurut dia, uji coba pembangunan yang gelontorkan dana 35 miliar itu bertujuan untuk mengubah kebiasaan buruk masyarakat yang selama ini dilakukan.

"Jadi kan masih ada yang turun ke bawah. Kita fungsikan tiap hari. Kita jaga supaya mereka betul-betul menggunakan fasilitas yang kita siapkan. So far bagus banget progressnya," pungkasnya.

Tampilan Skybridge Tanah Abang
Tampilan Skybridge Tanah Abang (MP/Asropih)

Pemprov DKI Jakarta sendiri terus melakukan pelengkapan. Salah satunya adalah pengadaan fasilitas untuk penyandang disabilitas. Terbaru, bangku untuk penyandang disabilitas itu selesai dipasang di pembangunan yang luasnya sekitar 400 meter tersebut.

"Tadi dalam rapat kita sudah persiapkan. Di atas nanti ditambah bangku. Sudah siap, kok. Mungkin pekan depan sudah selesai," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi di Jakarta, Senin (17/12).

Saat ini, lanjut Irwandi, fasilitas bangku bagi kaum disabilitas itu tengah dipesan oleh Pemprov DKI Jakarta. "Sedang dibuat bangku-bangku buat mereka istirahat," katanya.

Tak hanya bangku, Irwandi menuturkan pihaknya juga sedang melakukan pemasangan karpet di anak tangga agar memudahkan masyarakat melintas di Skybridge.

Adapun Pemprov DKI telah memasang guiding block atau petunjuk arah bagi tuna netra di kawasan skybridge. Blok berwarna kuning tersebut terpasang di sepanjang jalur lapak pedagang JPM naik dari sisi kiri dan utara.

Sayangnya, guiding block terputus saat hendak mengarah ke empat akses arah halte Transjakarta, Jalan Jatibaru Raya, Pasar Tanah Abang Blok F dan Pasar Tanah Abang Blok G. (Asp)

#Skybridge Tanah Abang
Bagikan
Bagikan