Masih Terjadi Keramaian Saat PSBB, IKEA Alam Sutera Ditutup

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 11 Mei 2020
Masih Terjadi Keramaian Saat PSBB, IKEA Alam Sutera Ditutup
Ilustrasi. IKEA (Foto: Evening Express)

Merahputih.com - Pemerintah Kota Tangerang menutup sementara pusat perbelanjaan IKEA di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang, Minggu (10/5).

Hal ini merupakan tindak lanjut dari beredarnya video viral soal adanya keramaian di mall yang menjual furniture dan alat rumah tangga tersebut meski berlangsung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Iya sudah ditutup (sementara), manajemen IKEA juga siap menutup operasionalnya," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah kepada wartawan yang dikutip Senin (11/5).

Baca Juga

Bamsoet Kritik Respon Lamban Kemenlu Terkait Kematian ABK WNI di Kapal Tiongkok

Sehari sebelumnya viral di media sosial bahwa toko furnitur IKEA buka dan sangat ramai. Terdapat kerumuman akibat bukanya toko tersebut.

Untuk membuktikannya, petugas gabungan dari Satpol PP dan Kepolisian dari Polres Metro Tangerang mendatangi dan mengecek langsung toko yang memiliki izin hypermarket itu pada hari Minggu ini.

Saat dichek terdapat kerumuman di toko tersebut sehingga Satpol PP memutuskan untuk menutup sementara IKEA Alam Sutera. Pada minggu sore pun petugas IKEA sudah tidak terima tamu atau pengunjung.

Dilihat dari depan toko tersebut, mobil-mobil pribadi yang hendak masuk ke dalam area IKEA, dilarang oleh satpam yang sudah berjaga di area pintu masuk.

Meskipun tidak ada selebaran segel dari Satpol PP ataupun petugas Satgas Penanganan Covid-19. Satpol PP Kota Tangerang mengatakan, sidak dilakukan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat atas video viral viral yang beredar.

"Berkaitan dengan sidak hari ini, kami mendapatkan laporan dari masyarakat kegiatan memang IKEA yang memang banyak dikunjungi masyarakat dalam waktu ini," kata Satpol PP Kota Tangerang.

Namun, pihak IKEA menjelaskan bahwa gerainya memegang izin operasional sesuai dengan peraturan wali kota terkait PSBB.

Juru Bicara IKEA, Ririn Basuki, mengatakan IKEA merupakan jenis usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PSBB. Pemeriksaan pengujung sebelum masuk juga dilakukan IKEA guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

"IKEA adalah bagian dari PT HERO Group dengan izin usaha sebagai hypermarket. IKEA termasuk salah satu jenis usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PSBB," kata Ririn kepada wartawan.

IKEA
(Foto: Business Insider)

“Meskipun beroperasi, IKEA tetap mematuhi peraturan pemerintah dan mematuhi penerapan regulasi PSBB di toko IKEA. Namun, yang paling utama bagi IKEA adalah tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pengunjung dan co-worker IKEA,” tambah dia.

Ririn mengatakan, selama dibuka, pihaknya juga melakukan pembatasan pengunjung yang ingin berbelanja. Selama masa PSBB di Tangerang Raya, IKEA Alam Sutera juga menganjurkan agar masyarakat dapat melakukan pembelian secara online.

“Hal ini dapat dilihat dengan adanya pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki toko IKEA, penyediaan hand sanitizer, memastikan pemakaian masker, informasi dan penerapan jaga jarak, pembatasan jumlah pengunjung dan selalu mengingatkan kepada pengujung untuk mematuhi regulasi PSBB,” ujar Ririn.

“Selama masa PSBB, kami juga menganjurkan pelanggan IKEA untuk berbelanja secara online untuk mencegah penyebaran virus corona,” tambahnya.

Baca Juga

Menaker Ungkap Alasan Beri Kelonggaran Pengusaha soal Kewajiban Pembayaran THR

Ririn mengatakan bahwa manajemen IKEA menerima penutupan sementara. Bersama Pemkot Tangerang, IKEA akan membahas lebih lanjut mengenai sampai kapan waktu penutupan. Meski begitu ia tegaskan, IKEA telah mematuhi kebijakan PSBB dengan baik.

"Kami menerima penutupan sementara ini. Sementara itu kami akan membahas lebih lanjut dengan pihak pemerintah Kota Tangerang. Namun selama ini kami senantiasa mematuhi peraturan pemerintah dan mematuhi penerapan regulasi PSBB di toko IKEA," ungkapnya. (Knu)

#Pusat Perbelanjaan Mebel IKEA #COVID-19
Bagikan
Bagikan