Parenting
Masih Sensitif dan Belum Terbentuk Sempurna, Ini Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir Kulit bayi sendiri memiliki lapisan stratum corneum yang 30% lebih tipis. (Foto: Pexels/Pixabay)

MERAWAT bayi baru lahir merupakan peristiwa yang membahagiakan sekaligus memberikan pengalaman baru bagi orangtua. Minggu pertama merupakan fase yang mengagumkan sekaligus melelahkan.

Di masa ini, para orang tua dan bayinya masih menyesuaikan dengan keadaan yang baru. Orang tua menyesuaikan dengan peran barunya, sementara bayi menyesuaikan dengan lingkungan baru (semula di alam rahim, kini di dunia). Selain itu, orangtua juga belajar untuk memahami bayinya.

Baca Juga:

Ayah Juga Bisa Baby Blues, Bagaimana Mendamaikannya

bayi
dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINSDV, FAADV., pilihlah pembersih yang lembut di mata bayi dan menjaga kelembapan kulit si Kecil (Foto: Johnson's Webinar)

Dalam perjalanan awal, para orangtu harus belajar banyak dalam waktu yang singkat. Walaupun singkat, mereka ingin melakukan segalanya dengan benar. Tentu saja hal tersebut sulit dilakukan oleh siapa pun.

Dalam webinar bertajuk Newborn 101: Kupas Tuntas Perawatan Bayi Baru Lahir, Dokter Spesialis Anak, dr. Miza Afrizal, Sp.A mengatakan perawatan yang baik bagi bayi baru lahir akan menjadi landasan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya.

"Masa-masa ini juga menjadi penentu untuk terbentuknya hubungan orang tua dengan anak yang penuh kasih sayang," tuturnya.

Salah satu perawatan bayi yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para orang tua baru adalah perawatan kulit untuk si kecil. Hal tersebut karena kulit bayi memiliki karakteristik yang berbeda dari kulit orang dewasa mulai dari struktur hingga komposisi kulitnya.

"Kulit bayi sendiri memiliki lapisan stratum corneum yang 30% lebih tipis dengan komposisi Natural Moisturizing Factor (NMF) yang lebih rendah dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Hal ini menyebabkan kulit bayi baru lahir lebih kering," urai Dokter Kulit, dr. Fitria Agustina, Sp.KK, FINDSDV, FAADV.

Baca Juga:

Ada Risiko Lain dari Memuji Anak Pintar

bayi
Hidrasi kulit bayi akan mengalami peningkatan dengan bertambahnya usia bayi dan mencapai puncaknya pada usai 3-12 bulan. (Foto: Pexels/RODNAE productions)

Dia menjelaskan, hidrasi kulit bayi akan mengalami peningkatan dengan bertambahnya usia bayi dan mencapai puncaknya pada usai 3-12 bulan. "Oleh karenanya, salah satu perawatan kulit yang sangat penting sekali untuk si kecil adalah menjaga kelembapan kulitnya,” tuturnya.

Bagaimana cara yang tepat merawatnya?

Di tubuh, kita memiliki mikroorganisme (bakteri, jamur, virus) baik atau yang kita namakan flora kulit normal (skin microbiome). Penggunaan produk untuk bayi harus menggunakan bahan-bahan yang cocok digunakan untuk bayi dan tidak mengganggu keseimbangan flora normal kulit si Kecil.

"Sebaiknya gunakan produk-produk yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi bersifat hypoallergenic. Itu karena dapat mengurangi risiko alergi dan iritasi pada kulit bayi. Dan pilihlah pembersih yang lembut di mata bayi dan menjaga kelembapan kulit si Kecil," jelas dokter Fitria.

Komposisi produk perawatan kulit si kecil juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Pilihlah produk yang mengandung vitamin C, E, dan pro Vitamin B5 yang bisa menutrisi, melembabkan dan melindungi kulit bayi yang masih berkembang. Sabun cair dengan konsistensi creamy namun mudah dibilas dan tidak licin seperti juga bisa menjadi pilihan untuk bayi yang baru lahir agar tidak menimbulkan bekas di kulit bayi dan juga tidak pedih di mata. (avia)

Baca Juga:

Membacakan Buku Cerita Menjelang Tidur Bikin Anak Makin Damai

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Disney Siap Menceritakan Armor Wars di Disney Plus
Fun
Disney Siap Menceritakan Armor Wars di Disney Plus

Kisah Armor Wars akan dibahas lebih mendalam lewat film.

Kenali Dampak Merokok bagi Kesehatan Kulit
Fun
Kenali Dampak Merokok bagi Kesehatan Kulit

Dapat mempercepat penuaan kulit.

Bisa Jadi Inspirasi, Uniknya Perayaan Lebaran ala Nassar
ShowBiz
Bisa Jadi Inspirasi, Uniknya Perayaan Lebaran ala Nassar

Memanfaatkan momen Lebaran untuk berkumpul dan menjalin silaturahim dengan keluarga.

Bikin Anabul Kesayangan Mood Selalu
Hiburan & Gaya Hidup
Bikin Anabul Kesayangan Mood Selalu

Sama seperti manusia.

for Revenge Cerita tentang Kebesaran Hati lewat Single ‘Untuk Siapa?’
ShowBiz
for Revenge Cerita tentang Kebesaran Hati lewat Single ‘Untuk Siapa?’

Lagu Untuk Siapa? menggambarkan sebuah kesabaran dalam pengorbanan level tinggi.

Menjanjikan, 5 Jenjang Karier Perawat Selain di Rumah Sakit
Fun
Tayang Hari Ini, Andor Beri Perspektif Baru Semesta Star Wars
ShowBiz
OG Juara 'ESL One Dota 2 Stockholm Major' Setelah Mengalahkan TSM FTX
Fun
OG Juara 'ESL One Dota 2 Stockholm Major' Setelah Mengalahkan TSM FTX

Pertandingan antara OG dan TSM FTX di babak final berlangsung sengit.

Tas Burberry Bergaya di Roblox
Fashion
Tas Burberry Bergaya di Roblox

Menggambarkan semangat petualangan dan ketertarikan Burberry terhadap alam.

Isopoda Pengisap Darah Menyaru Jadi Sushi Salmon
Hiburan & Gaya Hidup
Isopoda Pengisap Darah Menyaru Jadi Sushi Salmon

Merupakan krustasea panjang berbentuk datar yang biasanya sering muncul di dasar laut atau daratan.