Kinerja DPR Masih Jauh dari Harapan Rakyat Sidang DPR RI (ISt)

MerahPutih.com - Center for Strategic And Internasional Studies (CSIS) merilis hasil riset terkait kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang diselenggarakan pada 23 sampai 30 Agustus 2017 lalu.

Hasilnya, tak jauh berbeda, kinerja DPR dinilai masih jauh dari harapan rakyat. "Evaluasi publik terhadap kinerja DPR tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Peneliti CSIS Arya Fernandes di Gedung Pakarti, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Sebagian besar publik menilai anggota DPR belum serius melakukan tugasnya dalam bidang legislasi, anggaran dan kontrol terhadap pemerintahan.

"Publik menilai kinerja DPR rendah, dibawah 5 persen," katanya.

Hal itu dapat dilihat dari relasi DPR dengan konstituennya. Hanya sekitar 4,8 persen konstituen yang mengikuti kegiatan reses DPR, 4,4 persen pernah berkomunikasi dengan DPR dan 5,4 persen pernah menyampaikan pendapat secara langsung ke anggota DPR.

"Sebagian besar responden sekitar 90 persen mengatakan tidak pernah ada relasi dengan DPR," ujarnya.

Sekadar informasi, survei CSIS digelar pada 23 sampai 30 Agustus 2017. Menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sekitar 1000 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia, tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 3,1 persen. (Fdi)

Baca juga berita terkait hasil survei Center for Strategic And Internasional Studies di: Pemilu 2019, CSIS: AHY Bisa Jadi Kuda Hitam


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH