Masih Jadi Topik Hangat, Inilah Fakta Tentang Bedah Plastik Apakah bedah plastik benar-benar gunakan plastik yang biasanya kita gunakan sehari-hari? (Foto: MP/Andrew Septian)

BEDAH Plastik atau operasi plastik kerap jadi topik hangat di dunia hiburan. Banyak artis cantik yang kerap dikabarkan menjalani bedah plastik untuk mendapatkan wajah cantik. Fenomena ini, lebih sering dijumpai di Korea Selatan dibanding negara lain.

Memangnya apa sebenarnya bedah plastik? Beneran enggak sih benda yang dipakai buat merubah wajah itu adalah plastik? Ternyata bedah plastik enggak ada hubungannya sama plastik yang selama ini kita kenal. Apa lagi sama kantong plastik yang biasanya dipakai buat membawa belanjaan.

Baca juga:

Ini Tren Bedah Plastik 2019 Kata Dokter Tompi

Plastik dalam metode kecantikan tersebut ternyata mengacu ke kata 'plastikos'. Meski sekarang memiliki arti plastik, namun sebelum ditemukan kata memiliki arti yang berbeda. Dulu kata dalam bahasa Yunani tersebut memiliki arti sesuatu yang elastis atau dapat dibentuk ulang.

Kalau begitu berarti benda apa yang digunakan untuk merubah bentuk wajah atau tubuh dalam bedah plastik? Menurut situs docdoc, benda yang digunakan dalam plastik sebenarnya adalah jaringan kulit pasien. Setelah dibius, jaringan kulit pasien yang dianggap tidak berguna akan diambil untuk digunakan sebagai lapisan baru.

Lalu, apakah bedah plastik berbahaya untuk dilakukan? Sebenarnya bedah plastik itu aman dilakukan. Selama dilakukan oleh doketer yang bersertifikat, berpengalaman, serta sesuai dengan prosedur. Bedah plastik seharusnya tidak memiliki efek negatif.

Masih Jadi Topik Hangat, Inilah Fakta Tentang Bedah Plastik
Bedah plastik dan bedah kecantikan kadang suka disamakan padahal berbeda (Foto: Pixabay/skeeze)

Bedah plastik tidak bisa selalu disamakan dengan bedah kecantikan. Terkadang orang melalui beberapa prosedur selain bedah plastik. Salah satu contohnya yakni implan silikon. Bedah plastik pada dasarnya diciptakan untuk merekonstruksi bagian tubuh yang mengalami kecacatan. Baik itu karena kelainan seperti bibir sumbing atau karena kecelakaan.

Baca juga:

Selebrita Korea Berikut Wajahnya Sering Dijadikan Rujukan Untuk Operasi Plastik

Tercatat dalam sejarah bahwa dari abad ketujuh, orang-orang India telah melakukan bedah plastik khususnya untuk bagian hidung. Bedah plastik juga sempat terkenal di masa perang dunia kedua.

Hanya saja orang-orang lebih banyak suka menggunakan kata 'bedah plastik' untuk menjelaskan prosedur bedah kecantikan. Membahas hal ini, tentunya kurang menarik jika kita tidak membahas Korea Selatan. Negara yang terkenal banyak menawarkan jasa bedah plastik.

Masih Jadi Topik Hangat, Inilah Fakta Tentang Bedah Plastik
Meski sudah berumur, wajah artis Korea Selatan nampak terlihat selalu muda (Foto: WallpaperCave)

Korea Selatan terkenal dengan idola yang semuanya tampak awet muda. Banyak yang menduga bahwa hal tersebut adalah hasil dari bedah plastik.

Meski tidak sepenuhnya benar, namun tidak heran jika banyak orang yang membuat asumsi tersebut. Dengan murahnya biaya dan banyaknya klinik bedah plastik di Korea Selatan, satu dari lima wanita di Seoul pernah melakukan bedah plastik.

Hal lain yang membuat prosedur bedah plastik populer di Korea Selatan adalah persaingan untuk tampil cantik dan awet muda. Karena alasan-alasan yang sudah disebutkan sebelumnya, bedah plastik mampu dilakukan oleh banyak orang.

Walhasil perempuan di Korea Selatan berlomba-lomba menjadi yang paling cantik. Banyaknya idola dan artis cantik di sana pun juga mendorong berkembangnya persaingan. (sep)

Baca juga:

Emas Sebagai Masker Wajah? Emang Bisa?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH