Masih Hawa Libur Lebaran? Ini Minuman yang Bisa Bantu Kamu Lebih Konsentrasi Salah satu cara agar kamu semangat bekerja yaitu minum penambah daya konsenterasi. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

LIBUR Lebaran telah usai. Semua telah kembali ke aktivias masing-asing. Para pemudik telah kembali ke kota dan kembali bekerja.

Biasanya setelah lama libur, mengawali bekerja sangat berat. Sebagian masih terasa suasana liburan atau di kampung halaman. Sebagian lagi mungkin masih merasakan lelah karena perjalanan panjang kembali ke kota.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar semangat kamu bisa pulih kembali, di antaranya dengan menyisihkan waktu untuk beristirahat beberapa hari di rumah, datang ke tempat kerja lebih awal, makan-minum yang bisa membantu konsentrasi, dan lain-lain. Nah, berikut ini minuman yang bisa bantu kamu lebih konsenterasi.


1. Cokelat hitam

Cokelat hitam menstimulasi fokus dan daya ingat. (Foto: Pixabay/ElodiV)
Cokelat hitam menstimulasi fokus dan daya ingat. (Foto: Pixabay/ElodiV)

Seperti dikutip Go Dok, kandungan kakao dalam cokelat hitam dapat meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi untuk mengaktifkan reseptor otak. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat menstimulasi fokus dan konsentrasi sehingga daya ingat terjaga.


2. Kopi

Kopi mengendalikan hormon stres dalam otak.(Foto: Pixabay/eliasfalla)
Kopi mengendalikan hormon stres dalam otak.(Foto: Pixabay/eliasfalla)


Beberapa peneliti dari John Hopkins University menemukan bahwa kopi dapat membantu mengasah daya ingat jangka panjang maupun pendek. Menurut sebuah studi, meminum kopi satu atau dua cangkir sehari dapat menurunkan kemungkinan kita lupa selama 24 jam. Hal itu karena kafein memiliki kandungan norepinephrine yang dapat meningkatkan daya ingat dengan mengendalikan hormon stres dalam otak.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 7 Kolam Renang Paling Indah di Eropa, Jadi Kepingin Nyebur Terus

3. Teh hijau

Teh hijau kaya antioksidan. (Foto: Pixabay/rawpixel)
Teh hijau kaya antioksidan. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Teh hijau mengandung zat kimia EGCG atau epigallocatechin-3 gallate yang kaya akan antioksidan. Zat inilah yang dapat melawan penuaan dan meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, sebagaimana tertulis dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Nutrition & Food Research.

4. Air putih

Minum air putih membuat kamu terhindar dari dehidrasi. (Foto: Pixabay/Pexels)
Minum air putih membuat kamu terhindar dari dehidrasi. (Foto: Pixabay/Pexels)

Minum air putih sangat baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dalam berbagai situasi. Untuk menjaga konsentrasi, pastikan kamu mengonsumsi air putih dengan cukup. Kekurangan air putih di antaranya bisa menyebabkan kelelahan dan kurang fokus. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 5 Pasar Tradisonal Terbaik di Berbagai Negara


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH