Masih Bingung Liburan Akhir Tahun Kemana? Ini Alasan Kenapa Kamu Mesti Pilih Ternate Pemandangan di Ternate. (Foto: instagram@ukicun)

BANYAK orang sudah menyiapkan libur akhir tahun jauh-jauh hari. Menyisihkan waktu atau menabung. Tapi mungkin ketika itu belum terpikirkan mau liburan ke mana. Bahkan hingga bulan-bulan jelang akhir tahun, kamu belum masih belum ada ide? Kamu bisa jatuhkan pilihan dengan berlibur akhir tahun ke Indonesia bagian timur kalau sudah begitu.

Indonesia timur merupakan wilayah eksotis dengan keindahan alam cenderung masih belum banyak terjamah dan keragaman budaya yang selalu menarik. Begitu juga dengan sajian tradisionalnya, kamu bakal menemukan makanan tak kalah uniknya dibanding dengan Indonesia tengah atau barat.

Salah satunya kamu bisa pilih ketika beribur ke Indonesia timur yaitu Ternate. Ternate merupakan sebuah pulau dan juga kota di Maluku Utara. Apa yang dipunya Ternate? Seperti dikutip Antara, daerah ini aman, nyaman, dan memiliki banyak objek wisata.

Di kota yang berpenduduk 200 ribu jiwa lebih ini, setiap orang bebas berpergian ke mana pun hingga larut malam. Kamu tak perlu khawatir akan mengalami sasaran aksi kriminal, misalnya begal, seperti yang terjadi di daerah lain.

Pemandangan di atas Benteng Tolukko. (Foto: instagram.com/sriwuryani.suripto)
Pemandangan di atas Benteng Tolukko. (Foto: instagram@sriwuryani.suripto)

Objek wisata yang bisa dinikmati di Ternate cukup banyak. Mulai dari peninggalan sejarah, wisata bahari, wisata alam sampai objek wisata religi dan kuliner.

Bahkan khusus untuk objek wisata peninggalan sejarah di Ternate, Ketua Masyarakat Sejarahwan Indonesia (MSI) Malut Syahril Muhammad melukiskannya sebagai yang terunik.Terutama untuk peninggalan sejarah yang terkait dengan Kesultanan Ternate.

Di Kedaton Kesultanan Ternate, ada peninggalan sejarah berupa mahkota berambut yang dapat dikatakan aneh tapi nyata. Karena rambut di mahkota itu tumbuh memanjang seperti rambut di kepala manusia, sehingga di waktu tertentu harus dipotong.

Peninggalan sejarah berupa benteng yang dibangun bangsa Eropa saat menjajah Ternate pada beberapa abad silam juga ada di daerah itu. Bahkan jumlahnya ada sembilan benteng dan sebagian besar masih terawat dengan baik.

Salah satu benteng di antaranya yakni Benteng Oranje yang dibangun Belanda pada abad ke-15. Kini dijadikan pusat pengembangan kebudayaan di Ternate. Kerap dijadikan lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan budaya dan wisata.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH