Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi Banyak manfaat dari kopi selain diminum (Foto: Pixabay/Couleur)

BANYAK orang di seluruh dunia lebih memilih kopi dibanding minuman lainnya. Memang, terdapat banyak variasi dalam penyajiannya, seperti espresso dengan atau tanpa susu, panas maupun dingin. Namun, yang lebih mengesankan adalah masih ada beberapa manfaat yang kita bisa dapatkan dari ampas sisa seduhan kopi.

Bukan untuk dikonsumsi, melainkan berbagai manfaat lain yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Jangan langsung dibuang setelah selesai diseduh, berikut beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari ampas kopi seperti yang dilansir dari laman brightside.

Baca juga:

4 Barang Bermanfaat Ini Terbuat Dari Ampas Kopi

1. Pewangi tangan

Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi
Cuci tangan dengan kopi dapat menghilangkan bau tak sedap (Foto: medicalnewstoday)

Siapa yang bisa menahan aroma ajaib dari kopi? Itu seakan memanggilmu ketika menghirup aroma dari secangkir kopi yang baru diseduh. Atas alasan itu, mengapa tidak memanfaatkan kopi sebagai pewangi tangan?

Gunakan ampas sisa seduhan kopi untuk menghilangkan bau dari tanganmu. Gosok sampai bersih dan bilas dengan air. Dijamin bau yang tadinya tercium dan mengganggu seketika akan berubah menjadi aroma kopi.

2. Alternatif krim anti-selulit

Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi
Kopi dipercaya mencegah dan meminimalisir selulit (Foto: medicalnewstoday)

Kebanyakan krim anti-selulit yang dijual di pasaran memiliki satu bahan yang sama, yakni kafein. Masalahnya adalah krim tersebut biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Jadi jika kamu punya kopi di rumah, mengapa tidak memanfaatkannya?

Kamu dapat membuat perawatan anti-selulit sendiri dengan mencampurkan ampas kopi dengan minyak kelapa. Oleskan ke area selulit dan pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Ini menjadi cara yang jauh lebih hemat untuk mengatasi masalah selulit.

Baca juga:

Ketika Kopi Dituangkan ke Dalam Kanvas dan Menjadi Karya Seni

3. Menghilangkan kutu anjing peliharaan

Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi
Kopi dapat menghilangkan kutu pada anjing (Foto: Pixabay/oritslama)

Ternyata peliharaanmu juga bisa dapat manfaat dari bubuk kopi. Bagaimana bisa? Karena aromanya yang kuat, kopi dapat digunakan sebagai perawatan DIY untuk mengusir kutu dan menjauhkan parasit penghisap darah dari anjing peliharaanmu.

Setelah kamu memandikan anjing, gosok tubuhnya dengan ampas kopi dan bilas kemudian. Selain menghilangkan kutu, ampas kopi juga membawa manfaat ekstra untuk menjaga anjing peliharaanmu dari bau tidak sedap.

4. Pengusir kucing

Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi
Aroma kopi bisa digunakan untuk mengusir kucing (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Jika kamu memiliki halaman belakang, teras, atau taman, kamu mungkin pernah dikunjungi oleh kucing liar. setidaknya sekali, atau berkali-kali saat kamu tidak mengetahuinya. Kucing-kucing tersebut (khususnya jantan) senang buang air kecil untuk menandakan wilayah 'jajahannya'.

Bau dari urin kucing bisa jadi sangat mengganggu, dan kopi bisa jadi pilihan untuk menakut-nakuti mereka tanpa menyakitinya. Tampaknya, sebagian besar kucing tidak tahan dengan aroma kopi yang kuat dan biasanya membuat mereka menjauh.

Letakkan ampas kopi yang dicampur dengan kulit jeruk di tempat yang tepat di sekitar rumahmu, dan kucing-kucing liar dijamin tidak akan berani menghampirinya, apalagi buang air kecil di tempat itu.

Baca juga:

Mau Tahu Tentang Kopi Lebih Jauh? Tonton 4 Film Ini

Nah, mulai sekarang jangan langsung buang ampas kopimu ya! Cobalah untuk menggunakannya dan menjadi lebih bermanfaat. (Arb)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH