Masalah Airbag Bikin Toyota Tarik Kembali 601.300 Unit Mobil Ilustrasi mobil Toyota (Foto: Carscoops.com)

MerahPutih.Com - Produsen otomotif Toyota mengikuti syarat Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat terkait masalah airbag (kantong udara). Selasa (9/1) kemarin, Toyota Motor North America mengumumkan penarikan kembali (recall) mobilnya sebanyak 601.300 unit.

Pihak Toyota menambah jumlah mobil yang ditarik kembali setelah masalah airbang atau inflator kantong udara (airbag) tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan Amerika Serikat.

Ekspansi tersebut melibatkan sekitar 601.300 kendaraan tambahan di Amerika Serikat, demikian pernyataan resmi Toyota.

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters Rabu (10/1) Takata dan entitas AS, TK Holdings Inc, mengajukan kebangkrutan pada Juni. Raksasa suku cadang Jepang tersebut mengatakan bahwa pihaknya menarik lebih dari 100 juta kantong udara di seluruh dunia sampai akhir 2019.

Pada akhir November 2017, 19 produsen mobil telah menarik 46 juta inflator Takata di 34 juta kendaraan di AS, menurut NHTSA.

Produsen Takata setuju pada 2016 untuk mengaku bersalah melakukan "wire fraud" (penipuan finansial) dan membayar denda sebesar satu miliar dolar AS untuk menyelesaikan penyelidikan Departemen Kehakiman AS.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH