Masa Transisi, Anies Buka Kegiatan Sosial-Ekonomi Secara Bertahap Pekerja membersihkan dan membereskan barang dagang di sebuah tenant yang ada di pusat perbelanjaan Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Rabu (3/6/2020).(ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan perpanjangan kembali penerapan PSBB dengan masa transisi. Dalam masa transisi ini, kegiatan sosial ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap.

"Dalam masa transisi, kegiatan sosial ekonomi sudah dilakukan secara bertahap dan ada batasan yang harus ditaati," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

Baca Juga:

MUI Minta Stadion Jadi Alternatif Lokasi Salat Jumat

Saat pemaparan, Anies menyatakan bahwa pekan pertama bulan Juni, sektor paling awal yang dibuka yaitu tempat ibadah pada Jumat (5/6) besok. Namun, kapasitas jemaah yang mengikuti dibatasi 50 persen dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mulai besok kegiatan ibadah sudah mulai dibuka, dan harus kegiatan yang sifatnya rutin, serta harus mengikuti prinsip protokol kesehatan," terang dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Anies Baswedan. (ANTARA/Tangkapan layar ANTARA TV)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Anies Baswedan. (ANTARA/Tangkapan layar ANTARA TV)

Fasilitas luar ruangan juga mulai dibuka pada Jumat besok dengan kapasitas 50 persen dari jumlah maksimal.

Sedangkan hari Senin (8/6) mendatang, bidang kegiatan tempat kerja dan tempat usaha, serta kegiatan sosial budaya menyusul dibuka.

"Pada pekan kedua masa transisi. Perkantoran, rumah makan (mandiri), perindustrian, pergudangan, pertokoan, retail, showroom, bengkel, servis, fotokopi, museum, galeri, perpustakaan, ojek (online dan pangkalan)," jelas dia.

Anies menerangkan, untuk pusat perbelanjaan, menerapkan sistem ganjil-genap nomor toko. Toko dengan nomor ganjil hanya boleh membuka usaha di tanggal ganjil, dan toko bernomor genap untuk tanggal genap.

Baca Juga:

2 Alasan Masjid Istiqlal Belum Mulai Gelar Salat Jumat Besok

Kemudian, hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day akan mulai kembali efektif diselenggarakan pada Minggu (14/6).

Bersamaan dengan itu, taman, ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) dan tempat rekreasi pantai turut kembali dibuka. Seluruh bidang yang dibuka secara bertahap hanya dibolehkan menampung 50 persen dari jumlah kapasitas maksimum.

Pemprov DKI akan membuka taman rekreasi indoor dan outdoor, serta kebun binatang. Pembukaan akan dimulai tanggal 20-21 Juni 2020 alias pada pekan ketiga masa transisi.

"Sabtu-Minggu mulai dibuka taman rekreasi indoor, taman rekreasi outdoor, kebun binatang," tutup dia. (Asp)

Baca Juga:

PSBB DKI Diperpanjang, Warga tak Pakai Masker Didenda Rp250 Ribu

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH