Masa Angkutan Natal, Jumlah Pengguna KRL Tembus 2 Juta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 24 Desember 2020
Masa Angkutan Natal, Jumlah Pengguna KRL Tembus 2 Juta
Ilustrasi - Pengguna KRL tujuan Rangkasbitung dan Bogor. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - KRL Commuter Line Jabodetabek tetap beroperasi sesuai dengan jam operasi selama masa angkutan Natal dan tahun baru 2021.

Waktu layanan KRL adalah mulai pukul 04.00 WIB – 22.00 WIB, dan akan mengoperasikan 964 perjalanan KRL Commuter Line dengan 91 rangkaian kereta per hari.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, dalam pantauan KAI Commuter, kondisi seluruh stasiun KRL hingga hari keenam masa pelaksanaan angkutan Natal dan tahun baru terpantau lancar dan tertib.

Baa Juga:

PSBB DKI Diperpanjang, Jumlah Penumpang KRL Tembus 103 Ribu

KAI Commuter mencatat jumlah pengguna KRL pada enam hari pertama pelaksanaan masa angkutan Natal dan tahun baru ini (18 – 23 Desember) mencapai total 2.154.635 pengguna.

"Atau rata-rata setiap harinya 359.106 pengguna memanfaatkan jasa angkutan KRL Jabodetabek," kata Anne dalam keterangannya, Kamis (24/12).

Anne menerangkan, selama libur panjang pada perayaan Natal dan tahun baru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku.

Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas di stasiun maupun di dalam KRL.

Seluruh pengguna wajib menggunakan masker selama berada di dalam stasiun dan kereta.

Penumpang KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (7/12). Foto: Humas KCI
Penumpang KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (7/12). Foto: Humas KCI

KAI Commuter juga telah memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL.

"Di seluruh stasiun dan rangkaian kereta juga telah tersedia marka sebagai pedoman posisi pengguna dalam mengantre, duduk, maupun berdiri selama dalam perjalanan," jelas Anne.

Selain itu, seluruh rangkaian kereta setiap harinya dicuci dan disemprot cairan disinfektan usai beroperasi.

Selama beroperasi, petugas juga rutin membersihkan bagian-bagian KRL maupun stasiun dengan cairan disinfektan.

Baca Juga:

Mulai 20 Desember, Operasional KRL Jabodetabek Hanya Sampai Jam 10 Malam

Sementara aturan-aturan tambahan yang berlaku yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk.

"Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL," jelas Anne.

KAI Commuter mengimbau para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada. (Knu)

Baca Juga:

Akhir Pekan Ini, Beberapa Perjalanan KRL Dibatalkan

#Kereta Rel Listrik (KRL) #Natal
Bagikan
Bagikan