Martabak Madura, si Renyah dengan Isian Bihun Martabak Madura. (Foto: instagram.com/@omahdisa)

MADURA merupakan sebuah pulau di sebelah timur Pulau Jawa. Pulau dengan empat kabupaten di dalamnya ini dihubungkan melalui jalur laut di Selat Madura atau lewat Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya-Bangkalan.

Pulau Madura dihuni Suku Madura. Suku Madura merupakan salah satu suku perantau di Indonesia. Tak mengherankan jika orang Madura banyak mengenalkan beragam kuliner daerah mereka ke daerah-daerah lain. Maka kita mengenal satai Madura, soto Madura, bebek songkem, hingga nasi jagung.

 Martabak Madura. (Foto: instagram.com/puspitanetta)
Martabak Madura. (Foto: instagram.com/puspitanetta)

Nah, makan satu ini juga terkenal dari Madura. Namanya martabak Madura. Banyak resep membuat martabak Madura misalnya kalau kamu mencarinya lewat internet. Walaupun makanan ini tak setenar sate atau soto khas Madura.

Martabak Madura biasa disebut juga martabak bihun atau martabak telur khas Madura. Martabak Madura merupakan jenis martabak asin atau kita biasa menyebutnya martabak telur. Jenis ini berbeda dengan martabak manis yang biasanya dibuat dengan beragam topping bercitarasa manis.

Martabak Madura berbahan utama tepung terigu. Tepung ini dibikin adonan dengan campuran air dan garam. Adoanan tepung ini yang dijadikan sebagai kulit martabak. Isian martabak Madura paling utama mie bihun dan potongan wotel. Bahan-bahan ini dimasak atau dicampur dengan bawang merah dan bawang putih. Ditambahkan juga telur yang dibumbi lalu dioleskan ke kulit martabak yang sudah dipilihkan.

Adonan martabak dibuat pipih setipis mungkin. Adoanan tipis ini yang kemudian dilumuri telur berbumbu, ditaruh isian, lalu digoreng dalam wajan. Setlah itu baru bisa dilipat sesuai selera dan dibalik-balik agar kematangannya merata.

 Martabak Madura. (Foto: instagram.com/sulastrianla)
Martabak Madura. (Foto: instagram.com/sulastrianla)

Martabak Madura di Jawa Timur dapat ditemukan di Surabaya. Para penjualnya banyak orang-orang Madura yang merantau. Maka disebutlah martabak Madura. Di daerah asalnya sendiri martabak ini populer sebagai makanan pembuka pada bulan Ramadan. Kamu juga bisa membuatnya di rumah. Berikut merahputih.com sajikan resep sederhananya seperti dikutip Cookpad;

Bahan-bahan:

- 1/4 terigu

- 1 sdt garam

- 2 buah mie bihun

- 2 buah wortel iris tipis tipis

- 4 siung bawang merah

- 6 siung bawang putih

- 1 buah telur

- 5 butir kemiri

- 1/2 iris kunir


Langkah:

1. Buat adonan kuliat martabak dengan mencampurkan terigu dengan garam. Tuang air secukupnya

2. Haluskan bawang merah dan 3 buah bawang putih untuk bumbu mie bihun. Masak mie bihun hingga harum

3. Haluskan 3 bawang putih, kunir, kemiri dan tambahkan sedikit garam, campur dengan telur untuk bumbu kuning sebagai lumuran martabak

4. Setelah bumbu siap. Buat adonan kulit tadi menjadi lembaran tipis tipis lalu masukkan mie bihun secukupnya. Lipat membentuk segitiga

 Martabak Madura disajikan dengan saus dan cabai rawit. (Foto: instagram.com/hartono_lao)
Martabak Madura disajikan dengan saus dan cabai rawit. (Foto: instagram.com/hartono_lao)


5. Goreng tanpa menggunakan minyak. (bisa menggunakan lemak sapi / gaje)

6. Lumuri martabak yang sudah digoreng tadi dengan bumbu kuning.

7. Angkat dan sajikan. Lebih enak lagi menggunakan saus petes. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Apam Manis, Kue Khas Madura yang Paling Enak

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH