Mark Cuban Jawab Keluhan Pebisnis Kecil Selama Pandemi COVID-19 Mark Cuban membantu menjawab keluhan pebisnis kecil (Foto: Twitter/@CBSNews)

MENYEBARNYA virus Corona di banyak negara membuat orang-orang panik hingga membeli barang-barang dan makanan untuk bisa bertahan selama keadaan belum membaik. Di pusat perbelanjaan tisu dan pembersih tubuh habis diborong, pebisnis makanan dan minuman yang bermitra dengan ojek online masih terbilang laku.

Namun, bagaimana nasib pengusaha baru yang bisnisnya masih kecil? Pengusaha Miliarder, Mark Cuban, mengajukan pertanyaan di LinkedIn untuk membantu para pemilik usaha kecil tentang apa yang harus dilakukan selama pandemi virus Corona.

Baca juga:

Sudah Ada Corona Sejak Tahun 1957

Mark Cuban adalah seorang pengusaha dan investor AS. Dia juga pemilik NBA's Dallas Mavericks, Landmark Theatres, Magnolia Pictures, dan ketua HDTV kabel jaringan AXS TV.

Mark Cuban Jawab Keluhan Pebisnis Kecil Selama Pandemi COVID-19
Unggahan Cuban di LinkedIn, menjawab keluhan pebisnis kecil (LinkedIn)

Dilansir dari laman inc, pada unggahan di LinkedIn Cuban, tampaknya banyak pebisnis kecil yang mengalami penyusutan pendapatan secara drastis akibat pandemi COVID-19. Terlihat komentar yang mencapai lebih dari 6000, tetapi Cuban hanya memprioritaskan menjawab pertanyaan tentang bagaimana usaha bisa tetap bertahan dan bagaimana menghindari putus hubungan kerja (PHK).

Jujur pada karyawan dan minta ide mereka

Mark Cuban Jawab Keluhan Pebisnis Kecil Selama Pandemi COVID-19
Jujur dan minta pendapat karyawan (Pixabay/StartupStockPhotos)

"Jujurlah dengan karyawan kamu," saran Cuban. Biarkan mereka tahu apa yang kamu ketahui. Tempatkan dirimu pada posisi mereka dan tanyakan apa yang mereka sarankan. Dari situlah ide terbaikmu akan datang.

Cuban mendesak bos dan manajer usaha kecil untuk datang bersama-sama dengan karyawan mereka dan menyelesaikannya bersama. Luangkan waktu untuk memahami keadaan setiap individu karyawan, terutama jika mereka memulai PHK.

"Di sinilah kamu harus menjadi pemimpin dan komunikator. Kumpulkan semua orang dan tukar pikiran. Mungkin ada satu yang muncul yang memungkinkanmu untuk mengubah permainan," tulis Cuban di kolom komentar unggahannya.

Baca juga:

Informasi Penting yang Harus Kamu Tahu Soal Protokol 'Lockdown'

Pimpin dengan welas asih

Mark Cuban Jawab Keluhan Pebisnis Kecil Selama Pandemi COVID-19
Jangan sampai keadaan menurunkan wibawa pemimpinmu (Pixabay/Free-Photos)

Orang-orang tinggal di rumah sekarang dan tidak banyak yang keluar. Meskipun ini dapat menghancurkan penghasilanmu sebagai pebisnis, cobalah untuk mengambil pendekatan yang welas asih.

Tetap terhubung dengan pelanggan kamu dan pertahankan hubungan itu, bahkan jika mereka tidak dapat berkomitmen untuk membeli sekarang. "Sadarilah bahwa mereka sama stres dan ketakutannya seperti kamu," saran Cuban.

Bereksperimen dengan ide baru

Mark Cuban Jawab Keluhan Pebisnis Kecil Selama Pandemi COVID-19
Melakukan eksperimen atau inovasi (Pixabay/StartupStockPhotos)

"Jika kamu dapat menemukan layanan lain untuk ditawarkan, lakukan itu," tulis Cuban dalam menanggapi pertanyaan khusus tentang menghindari PHK di industri acara, seperti pameran dagang, acara olahraga dan pembatalan konser.

Menurutnya ini adalah waktu yang tepat untuk bereksperimen dengan lini bisnis baru dan melihat apa peluang yang ada. Dia juga merekomendasikan brainstorming tidak hanya dengan rekan kerja, tetapi juga dengan pesaing. Mereka semua berada di kapal yang sama, cobalah cari cara terbaik untuk menyalakan kembali industri.

Selesaikan bagian bisnis yang selama ini kamu abaikan

Mark Cuban Jawab Keluhan Pebisnis Kecil Selama Pandemi COVID-19
Menjalankan rencana lama (Pixabay/StartupStockPhotos)

Mengutip cnbc, kontrol apa yang bisa kamu kontrol. "Daripada berfokus pada seberapa buruknya, fokuslah pada bagaimana kamu dapat menggunakan waktu ini untuk terhubung dengan pelanggan masa depan," tulis Cuban.

Ini juga saat yang tepat untuk membereskan semua kekacauan kecil yang dimiliki setiap bisnis kecil. Setiap orang memiliki hal-hal yang mereka harap dapat dilakukan kembali. (Arb)

Baca juga:

Cuti Panjang Dapat Membantu Hidup Lebih Lama



Ananda Dimas Prasetya