Mario Aji Tetap Balapan di Moto3 untuk Musim 2023

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 29 September 2022
Mario Aji Tetap Balapan di Moto3 untuk Musim 2023
Honda Team Asia tertarik dengan perkembangan Mario Aji. (Foto: MotoGP)

TAHUN 2022 menandai semusim penuh Mario Aji berkompetisi dalam balap motor Grand Prix kelas paling ringan alias Moto3. Tiga tahun sebelumnya, ia menempa skill di CEV Moto3 (kini bernama JuniorGP) dan Red Bull Rookies Cup.

Hasil Mario melebihi ekspektasi. Hanya butuh dua seri bagi Mario untuk mencetak poin perdana saat mengamankan finis ke-14 di balapan kandang Moto3 Indonesia. Super Mario kemudian menambahnya menjadi lima poin ketika klaim P13 di Mugello.

Dengan tersisa empat balapan di musim 2022, dua di antaranya digelar di kawasan Asia, peluang Mario terbuka untuk mengumpulkan poin-poin berharga. Hal ini juga karena faktor dia sudah akrab dengan trek Buriram di Thailand dan Sepang di Malaysia.

“Musim depan, saya akan punya kesempatan untuk melanjutkan bersama tim ini, dan saya bersemangat tentang ittu. Ini berarti mereka percaya pada kemampuan saya untuk balapan di level teratas,” tutur Mario seperti dilaporkan laman VOI, Rabu (28/9).

“Tahun ini, saya berjuang dengan beberapa masalah fisik. Meskipun demikian, saya telah belajar banyak, mencetak beberapa poin penting, dan menjalani pengalaman seperti start baris depan di Mandalika. Saya senang bertahan di sini," terangnya.

Baca juga:

Mengenal Mario Aji, Pembalap Moto3 Indonesia yang Sempat Start Posisi 3 Terdepan

Performa Mario Aji lebihi target. (Foto: MotoGP)

“Saya akan bekerja keras selama musim dingin untuk menjadi lebih kuat untuk musim berikutnya. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang percaya kepada saya,” tambahnya.

Rekan setim Mario pada Moto3 2023 adalah Furusato. Sama seperti Mario, pemuda asal Jepang itu berstatus rookie. Dia sendiri melangkahkan kaki ke Grand Prix bermodalkan gelar juara Asia Talent Cup 2021.

Furusato baru saja berhasil pecah telor, mendulang dua poin saat menduduki finis ke-14 di Motegi. Menghadapi empat lomba tersisa pada tahun ini, diyakini sang pembalap bakal termotivasi lebih untuk menampilkan performa terbaik.

“Saya ingin berterima kasih kepada Honda karena memberi saya kesempatan untuk melanjutkan bersama tim ini pada 2023. Musim pertama saya sangat menyenangkan, karena saya terus belajar dan mendapatkan kepercayaan diri dengan staf dan motor saya,” ucap Furusato.

Selain mengumumkan line-up 2023, Honda Team Asia turut mengonfirmasi Hiroshi Aoyama yang bakal tetap menjalankan peran menjadi Team Manager. Di bawah kepemimpinannya, skuad itu menjelma sebagai salah satu yang diperhitungkan dalam kategori Moto3, tepatnya saat Ai Ogura menantang titel dunia pada musim 2020 lalu.

Baca juga:

Jelang GP Prancis, Mario Aji Realistis

Perkembangan Mario Aji dinilai positif. (Foto: MotoGP)

Aoyama juga dinilai cakap untuk membimbing pembalap-pembalap muda dari Asia, yang berkembang setiap kali turun di balapan demi balapan.

“Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Idemitsu dan semua sponsor kami. Saya senang untuk melanjutkan lagi bersama-sama,” kata eks rider MotoGP itu.

“Di Moto3 musim depan, kami akan melanjutkan dengan Mario Suryo Aji dan Taiyo Furusato. Mereka adalah pembalap rookie dan telah mendedikasikan tahun pertama mereka untuk bekerja, belajar, dan berkembang," lanjutnya.

“Kami ingin mempertahankan perkembangan ini untuk melihat bagaimana mereka dapat meningkatkan dan tampil musim depan. Sebagai sebuah tim, kami akan mencoba memberikan dukungan sebanyak mungkin kepada para pembalap,” tandas Aoyama. (waf)

Baca juga:

Hasil Moto3: Mario Aji Finis ke-14, Raih 2 Poin

#Moto3 #Pembalap #MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan