Marinir Datang, Massa Aksi 22 Mei Jadi Nurut dan Tenang Pasukan Marinir dari Batalyon Infanteri (Yonif) 7 Lampung yang menenangkan massa di kawasan Slipi, Rabu (22/5). (ANTARA News/M Risyal Hidayat)

MerahPutih.com - TNI dan Polri terus berupaya mengamankan aksi unjuk rasa Rabu (22/5) agar suasana di beberapa titik Jakarta menjadi kondusif. Salah satu yang menjadi sorotan adalah cara yang dilakukan anggota Korps Marinir TNI AL saat berusaha menenangkan massa di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, Rabu malam.

Ratusan Mariner itu didatangkan dari Batalyon Infanteri (Yonif) 7 Lampung.

Jalan Brigjen Katamso ricuh sejak pukul 18.45 Wib. Sekitar pukul 21.30 sebanyak dua kompi pasukan Marinir diturunkan. Pasukan itu ternyata punya cara elegan dalam menghadapi massa yang sedang mengamuk. Dengan tenangnya mereka justru berjalan menuju arah massa yang sebelum ya melakukan perlawanan terhadap pasukan kepolisian.

BACA JUGA: Mayoritas Mereka Para Pengangguran dari Luar Kota

Dengan berseragam loreng, lengkap dengan baret ungunya mereka mendatangi massa sembari melambaikan tangan. Mereka mengajak agar massa tenang.

Setelah sampai di kerumunan, para prajurit Marinir itu ternyata membaur dengan massa.

Massa
Aksi unjuk rasa 22 Mei yang berakhir ricuh di Jalan MH Thamrin. (MP/Rizki Fitriyanto)

Para Marinir itu berdialog dan meminta dengan ramah namun tegas agar massa mundur.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Provokator Aksi yang Bersembunyi di Pasar Slipi

BACA JUGA: Massa Mulai Bubarkan Diri, Koordinator Aksi: Kami Mundur Tapi Jangan Ditembak Ya

Massa yang sebagian merupakan remaja ternyata menjadi tenang dan menuruti apa yang diminta para Marinir ini. Massa pun menjadi lebih tenang dan tidak lagi melakukan perlawanan. Meski begitu, massa masih belum mau pergi dari Jalan Brigjen Katamso.

Hingga pukul 22.15 WIB ini pasukan Marinir masih berusaha dengan pendekatan persuasif agar massa mau membubarkan diri. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH