Maret 2020 Semua Pesawat Mendarat di Bandara YIA Yogyakarta International Airport mulai beroperasi pada awal tahun 2020. (Foto: Unsplash/aaron barnaby)

BANDARA Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo DIY bakal beroperasi secara penuh pada Maret 2020. Pemindahan rute penerbangan dilakukan secara bertahap mulai awal tahun 2020.

"Rute domestik akan kami pindahkan pada seluruhnya pada Januari 2020. Setelah masa angkuta Nataru selesai," ungkap Agus Pandu Purnama, Plts General Manager Bandara YIA di Yogyakarta Senin (7/10)2019.

Baca Juga:

Hati-Hati Terbang dari Bandara Yogyakarta

BANDARA Yogyakarta International Airport (YIA)
Maket bandara Yogyakarta Intenational Airport (Foto: NYIA)

Total ada sekitar 168 penerbangan dalam negeri yang akan dipindahkan ke Bandara YIA. Pandu melanjutkan rute penerbangan terbanyak menuju kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Palangkaraya dan Makassar.

Sementara seluruh rute internasional baru akan dipindahkan 2 bulan kemudian yakni sekitar Maret 2020. Pemindahan rute internasional dilakukan karena Angkasa Pura (AP) 1 memberikan kesempatan kepada Imigrasi dan Bea cukai untuk mempersiapkan diri.

"Mereka musti siapin perlengkapan bagian imigrasi, karantina dan bea cukai," jelas Pandu.

Baca Juga:

KA Bandara YIA Mulai Beroperasi, Ini Jadwal dan Tarifnya

bandara YIA
Penampakan Bandara YIA di Temon Kulonprogo, Yogyakarta (Foto: Twitter @sutopoBNPB)

Ia melanjutkan di tahap awal tidak ada penambahan rute penerbangan internasional. Rute penerbangan yang pindah hanyalah jalur yang sudah ada sebelumnya yakni ke negara Malaysia dan Singapura.

Mega proyek ini ditargetkan rampung akhir tahun 2019. AP 1 menargetkan seluruh penerbangan domestik dan internasional sudah beroperasi secara normal di bandara YIA pada April 2020.
Berdasarkan catatan AP 1, progres pembangunan bandara YIA saat ini sudah mencapai 88%. Seluruh bangunan terminal dan landasan pacu baru hampir selesai 100 persen. (*)


Baca Juga:

Dukung Pariwisata, Kemenhub Rampungkan Jalur Kereta Api Bandara YIA- Borobudur


Tulisan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah DI. Yogyakarta dan sekitarnya.



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH