Pilpres 2019

Mardani Ali Sera Sebut Prabowo Sudah Siapkan Strategi Tandingi Jokowi

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 22 April 2018
 Mardani Ali Sera Sebut Prabowo Sudah Siapkan Strategi Tandingi Jokowi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ( ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih.Com - Pertarungan politik menjelang Pilpres 2019 semakin memanas saja. Dua nama yang bakal bersaing yakni Jokowi dan Prabowo akan saling berhadap-hadapan lagi, seperti Pemilu 2014 silam.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera berpendapat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto harus menyiapkan strategi jitu jika ingin menandingi elektabilitas Joko Widodo (Jokowi).

"Tentu kalau terjadi 'rematch' antara Prabowo dan Jokowi maka Pak Prabowo harus betul-betul memilki strategi yang jitu. Kalau tidak, posisi Jokowi kuat," ujar Mardani di Cikini, Jakarta, Sabtu (21/4).

Ia menilai Jokowi saat ini memiliki lebih banyak kelebihan yang bisa mendongkrak elektabilitasnya dibandingkan dengan Prabowo.

"Jokowi yang merupakan 'incumbent' nanti bukan hanya janji yang bisa dijual, tapi dia sudah ada kerjanya," tutur Mardani.

Mardani Ali Sera
Politikus PKS Mardani Ali Sera (Fotografer : Djo, Aziz/ PKSFoto)

Selain itu, kekuatan Jokowi juga didapatkan dari sejumlah survei yang memosisikan elektabilitasnya di atas Prabowo sehingga data tersebut juga bisa memengaruhi suara masyarakat.

"Tapi saat ini yang paling penting memang figur. Pak Prabowo mungkin pilih figur cawapresnya yang baru, yang bisa betul-betul melawan elektabilitas Jokowi," kata Mardani sebagaimana dilansir Antara.

Bahkan, Mardani mengusulkan kepada Prabowo agar dalam waktu dekat tidak hanya menunjuk calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019, melainkan juga menentukan jajaran kabinet yang akan membantunya jika terpilih sebagai presiden.

"Karena biar nanti orang tidak membeli 'kucing di dalam karung'," terang Mardani Ali Sera.

Sebelumnya, sempat muncul duet Jokowi-Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan jika Joko Widodo dan Prabowo Subianto memutuskan untuk bergabung dalam Pemilihan Presiden 2019, maka elektabilitas mereka tidak akan tertandingi.

Jokowi dan Prabowo
Jokowi dan Prabowo saat di Hambalang, Bogor (Foto: Biro Pers Setpres)

"Jokowi kalau berpasangan sama Prabowo, kenaikan suaranya akan sangat besar. Pasangan itu pasti akan jadi (menang) karena kekuatan mereka luar biasa," ujar Maruarar di Gedung Universitas Indonesia, Jakarta, Jumat (20/4).

Ia meyakini elektabilitas kedua tokoh, yang digadang-gadang sejumlah partai menjadi calon presiden pada 2019 itu, akan naik jika bergabung, karena masing-masing dari mereka didukung oleh "mesin politik" yang kuat.

Selain itu, menurut dia, di luar partai, Jokowi maupun Prabowo sama-sama memiliki jaringan yang luas, di antaranya dengan pemuka agama, pemuda, dan tokoh-tokoh nasional, sehingga dukungan terhadap mereka dipastikan tinggi.

"Dan hubungan Mbak Megawati dengan Pak Prabowo juga sangat baik," tutur dia.

Maruarar Sirait
Politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait (kanan) dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono (kiri) (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Maruarar menambahkan realita politik saat ini juga menunjukan bahwa ada dua nama besar yang diidamkan masyarakat untuk memimpin Indonesia, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Itu fakta, berbagai data dan survei yang ada menunjukan hal itu. Tidak ada nama lain di luar mereka," ucapnya.

Namun, Maruarar mengakui bahwa duet Joko Widodo dan Prabowo bisa terhalang oleh keinginan para anggota partai.

Kendati demikian, menurut dia, tidak menutup peluang jika kelak kedua tokoh tersebut memiliki niat untuk bekerja sama.

"Politik itu sangat dinamis, bisa iya bisa tidak. Tapi yang saya mau katakan, kalau itu (bergabung) yang terjadi, ya yang tadi (elektabilitas tinggi) akan terjadi," pungkas Maruarar Sirait.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Manuver Partai Demokrat Tarik Ulur Gabung Koalisi Jokowi

#Pilpres 2019 #Prabowo Subianto #Joko Widodo #Mardani Ali Sera
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan