Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 26 April 2022
Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa
Marcell juga menjadi instruktur Strong Nation. (Foto: Instagram@marcellsiahaans)

ADA banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa dan menjelang Lebaran ini, salah satunya Strong Nation yang juga digeluti oleh penyanyi Marcell Siahaan. Jenis latihan High Intensity Interval Training (HIIT) ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan cocok buat kamu yang ingin diet.

Sekadar informasi, Strong Nation merupakan olahraga yang diiringi musik dan dirancang agar sesuai dengan setiap gerakan. Olahraga ini akan membakar banyak kalori sambil mengencangkan lengan, kaki, perut, dan glutes. Durasinya pun bisa berlangsung selama 30 menit, 45 menit, atau bahkan 60 menit, tergantung kemampuan masing-masing individu.

"Di bulan puasa ini pasti jadwalnya berubah dari biasanya karena kan menguras tenaga. Biasanya di bulan puasa pilihannya dua, pagi satu kali setelah sahur dan satu kali setelah berbuka puasa. Setnya juga dibikin setengah dan jangan lupa diselingi istirahat pastinya," kata pelantun lagu Takkan Terganti ini dalam wawancara eksklusif secara virtual, Senin (25/4).

Marcell menggeluti olahraga ini juga bersama sang istri, Rima Melati. Ketika berbuka, menu yang dipilih pun tidak sembarangan. Meski terdapat slogan "Berbukalah dengan yang manis", Marcell tidak ingin terjebak dan tetap mengontrol asupan nutrisinya.

Baca juga:

Marcell Siahaan dan Rima Melati Ajak Masyarakat Ikut Olahraga Strong Nation

Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa
Rima Melati. (Foto: Instagram@rimamelati)

"Saya memang agak susah dengan yang manis-manis, tinggal bagaimana kita mengontrolnya saja. Aku sama Rima malah menghindari karbohidrat, jadi lebih fokus ke asupan protein. Misalnya kayak ayam, telur, kacang-kacangan, keju, es krim juga boleh tapi sedikit," kata Marcell.

"Ya kadang-kadang kita cheating juga sih dua minggu sekali. Walaupun asupannya fokus ke protein, badan tetap terasa lebih enak dan bugar," lanjutnya.

Ketika ingin mencoba berolahraga, sugesti di pikiran kita terkadang menjadi hambatan dan akhirnya terus ditunda. Menurut Marcell, sugesti tersebut harus dilawan karena apa yang ada di pikiran belum tentu terjadi saat kita melakukannya.

"Kita harus fight over sama sugesti kita. Apalagi di bulan puasa ini kan biasanya sering lapar. Dan kalau mau mulai, coba aja dulu lima menit enggak apa-apa. Nanti kalau suka, pasti lama-lama ketagihan dan intensitas waktunya bertambah," kata Marcell.

"Secara keseluruhan, kita olahraga akan ada turun-naiknya. Awal-awal Strong Nation pasti badan sakit-sakitan dan ini biasa banget. Kebetulan saya juga ngajar dan kadang merasa capek. Tapi balik lagi karena saya suka ngajar, mau gamau we have to teach. I love my job, i wanna make everybody ada semangat untuk melakukannya," sambung Rima.

Baca juga:

Lakukan Ini Supaya Enggak Dehidrasi Saat Olahraga di Bulan Puasa

Marcell Siahaan Bagikan Tips Olahraga Strong Nation Selama Bulan Puasa
Strong Nation bermanfaat untuk kesehatan jantung. (Foto: Unsplash/Gabin Vallet)

Mau apapun jenis olahraganya, yang terpenting adalah menentukan tujuan terlebih dahulu. Komitmen diawal biasanya akan memotivasi kita untuk melakukan olahraga, seperti ingin diet, sekadar sehat, sampai memiliki tubuh yang ideal.

Rima pun menegaskan ketika nanti Lebaran, tidak masalah untuk mencicipi segala makanan yang tersedia.

"Hidup kan harus seimbang, satu hari cheating enggak masalah. Karena kita harus menikmati yang namanya lontong, rendang, opor, dodol dan yang manis-manis. Nanti baru setelah Lebaran selesai, kembali lagi olahraga," kata Rima.

Teruntuk kamu yang ingin diet, Marcell mengingatkan bahwa kunci utamanya adalah konsisten dan jangan menutup diri untuk makan.

"Istirahat juga penting dalam Strong Nation. Jangan lupa juga kita komunikasi sama badan kita, biar tahu batasnya," tutup Marcell. (and)

Baca juga:

Sempatkan Olahraga Setelah Berbuka Puasa

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan