Marc Marquez Kunci Juara MotoGP 2018 di Sirkuit Motegi Pembalap Repsol Honda MotoGP, Marc Marquez. (Foto: Official MotoGP)

MerahPutih.Com - Balapan MotoGP di Sirkuit Motegi, Jepang menahbiskan Marc Marquez sebagai kampiun MotoGP 2018. Pembala Repsol Honda asal Spanyol itu menempati podium pertama dalam balapan seru yang melibatkan persaingan dengan Andrea Dovizioso pada lap-lap akhir.

Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2018 setelah finis pertama pada lomba putaran 16 di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu. Adapun rival utamanya, Andrea Dovizioso yang tampil begitu dominan sepanjang rangkaian lomba GP Jepang, justru tampil anti klimaks.

Dovizioso sebenarnya memulai lomba GP Jepang dengan mulus. Start sebagai pole position, ia langsung memimpin lomba. Hal sama dilakukan Marquez. Start dari posisi enam, ia sudah menempati posisi dua pada lap pertama.

Pembalap tim satelit Honda, Cal Crutchlow sempat memberikan perlawanan kepada Marquez untuk menempati posisi kedua. Namun pada pertengahan lomba, akhirnya hanya Dovizioso dan Marquez yang bersaing meraih kemenangan.

Marc Marquez
Juara MotoGP 2018 Marc Marquez (Crash.net)

Usaha pertama Marquez untuk mengasapi rival utamanya tersebut terjadi di lap 14.Pembalap Repsol Honda tersebut sukses menyalip Dovizioso di Tikungan 9 Lap 14.Tapi ia melakukan kesalahan dengan melebar ketika keluar Tikungan 10.

Dovizioso pun kembali mengambil alih posisi pertama di Tikungan 11.Lomba tersisa empat lap lagi, Marquez kembali memanfaatkan Tikungan 9 untuk menyalip Dovizioso. Pembalap asal Italia itu enggan menyerah.

Bayangan duel di GP Thailand sampai tikungan terakhir muncul lagi. Sayang ia justru terjatuh saat lomba menyisakan dua lap.

Dovizioso masih bisa melanjutkan lomba.Tapi dengan finis pertama, Marquez telah memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2018. Semakin spesial, Marquez memastikan juara dunia di Motegi yang notabene home race timnya, Honda.

10 Besar Lomba GP Jepang
1. M. MARQUEZ 42 menit 36,438 detik
2. C. CRUTCHLOW +1,573 detik
3. A. RINS +1,720 detik
4. V. ROSSI +6,413 detik
5. A. BAUTISTA +6,919 detik
6. J. ZARCO +8,024 detik
7. M. VIÑALES +13,330 detik
8. D. PEDROSA +15,582 detik
9. D. PETRUCCI +20,584 detik
10. H. SYAHRIN +24,985 detik

Selamat buat Marc Marquez.(bolaskor.com)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat: Cawagub Harus Seperti Sandi Jika Tidak Program Diganti Anies



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH