Marc Marquez Kembali Berlatih dengan Sepeda Motor, Siap Kembali Balapan?

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 01 September 2022
Marc Marquez Kembali Berlatih dengan Sepeda Motor, Siap Kembali Balapan?
Marquez sudah kembali berlatih di atas sepeda motor. (Foto: Honda Racing Corporation)

SETELAH hadir di paddock Grand Prix Austria sekira dua pekan lalu, Marc Marquez terus menunjukkan tanda-tanda akan segera pulih selekas menjalani operasi keempat untuk tulang humerus lengan kanannya.

Di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, juara dunia balap motor delapan kali itu menjelaskan, program latihan akan tetap tergantung dari hasil pemeriksaan terakhir yang dilakukan pada pekan selanjutnya, serta proses pemulihan yang dijalaninya.

Marquez kemudian menjalani pemeriksaan enam pekan usai medical check sebelumnya (pada 13 Juli), atau 12 pekan setelah operasi yang dilakukan pada 2 Juni lalu di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat. Berbagai pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi dan kekuatan lengan kanannya.

Baca juga:

Bekas Luka Jahitan di Lengan Marc Marquez Bikin Ngilu

Marquez diharapkan bisa siap turun di sesi tes Misano. (Foto: Honda Racing Corporation)

Dokter yang mengoperasi Marquez, Joaquin Sanchez Sotelo, sudah melakukan pemeriksaan CT scan. Hasilnya, tim dokter menyatakan bahwa pembalap asal Cervera, Spanyol, itu dalam kondisi baik untuk berlatih kembali secara normal setelah memverifikasi kondisi tulang lengan 'The Baby Alien' sudah kuat.

Honda pun tidak membuang-buang kesempatan untuk segera melakukan tes di atas motor. Setelah berlatih dengan sepeda gunung (MTB), Marquez mengabarkan lewat media sosial bila dirinya sudah berlatih dengan Honda CBR 600RR di sirkuit karting MotorLand, Aragon, Spanyol.

Inilah kali pertama Marquez mencoba sepeda motor sejak melakukan operasi pada akhir GP Italia yang digelar 29 Mei lalu. Ia sempat mengatakan bahwa tidak mengharapkan apa-apa dari latihan perdana usai operasi keempatnya itu. Ia hanya ingin mencoba menikmati berkendara di atas motor saja.

Dalam foto-foto yang diunggah, Marquez terlihat sangat senang. Sepertinya Honda bermaksud menurunkan pemenang 59 Grand Prix, 99 podium, dan 62 pole position di MotoGP itu saat tes di Misano yang dijadwalkan berlangsung pekan depan.

Baca juga:

Dua Kali, Marc Marquez Punya Keinginan Pensiun

Marquez tampak senang bisa berkendara lagi. (Foto: Honda Racing Corporation)

Kendati demikian, Tim Repsol Honda tetap akan menyerahkan keputusan di tangan Marquez. Di sisi lain, Honda sangat berharap sang pembalap bisa turun untuk memberikan masukan teknis terkait pengembangan motor untuk musim depan.

Seperti dilaporkan Motorsport, Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig menjelaskan bila tes Misano akan krusial karena data dari situ akan dipakai untuk motor MotoGP 2023 yang akan dites para pembalap di Valencia pada akhir tahun ini.

“Hari ini saya bisa tersenyum dengan lepas. Setelah berbagai upaya keras, akhirnya saya bisa kembali ke atas motor. Terima kasih untuk semua dukungan dan motivasi untuk saya! Kami akan terus melanjutkan ini!” tutur Marc Marquez di laman Instagram miliknya. (waf)

Baca juga:

Gegar Otak, Marc Marquez Batal Ikut Balapan di MotoGP Mandalika

#MotoGP #Marc Marquez
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan